EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Cahyaningsih, Dewi Nur (2016) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2297Kb)

    Abstract

    Dewi Nur Cahyaningsih. K1312022. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7Eatau dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi atau sedang, antara siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi atau rendah, dan antara siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi atau sedang, antara siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi atau rendah, dan antara siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang atau rendah, (4) pada masingmasing tingkat kecerdasan logis matematis, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7Eatau siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran pada materi peluang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 10 kelas dengan banyaknya siswa 298. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling random kluster. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UAS matematika wajib, metode tes untuk data kecerdasan logis matematis siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi peluang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Learning Cycle 7Ememberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, (2) siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa kecerdasan logis matematis sedang serta siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik dari pada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah, (3) pada masing-masing model ix pembelajaran, siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah, (4) Pada masing-masing tingkat kecerdasan logis matematis, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi peluang. Kata kunci : model Learning Cycle 7E, kecerdasan logis matematis, peluang, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 25 May 2016 22:39
    Last Modified: 25 May 2016 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26405

    Actions (login required)

    View Item