”RATU TEBU(PEMANFAATAN SERAT AMPAS TEBU SEBAGAI CORE DALAM PEMBUATAN RAK SEPATU DENGAN SKIN SERAT IJUK MENGGUNAKAN METODE KOMPOSIT SANDWICH)”

Rahman, Raka Auliya and Sari, Riska Permana and Pramesti, Imas Ayu and Saputri, Kurnia Rochma and Guna, Guntur Abdi (2016) ”RATU TEBU(PEMANFAATAN SERAT AMPAS TEBU SEBAGAI CORE DALAM PEMBUATAN RAK SEPATU DENGAN SKIN SERAT IJUK MENGGUNAKAN METODE KOMPOSIT SANDWICH)”. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (261Kb) | Preview

    Abstract

    Pada dewasa ini, Indonesia merupakan salah satu Negara yang memproduksi kayu sebagai bahan bangunan, kontruksi, furniture, bahan pembuat kertas, bahan bakar, dan masih banyak lagi. Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk di Indonesia maka terjadi peningkatan kayu sebagai bahan baku. Tetapi, Hal tersebut berbanding terbalik dengan ketersediaan kayu yang menurun di Indonesia. Maka, kami mengembangkan penelitian untuk mencoba membuat suatu furniture dengan ampas tebu (bagasse) sebagai inti (core) dan serat ijuk sebagai skin dengan menggunakan metode komposit sandwich. Pemakaian limbah ampas tebu dan serat ijuk ini bertujuan untuk meningkatkan produksi limbah ampas tebu menjadi zero waste industry dan meningkatkan pengolahan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sehingga, ketergantungan akan hasil hutan seperti kayu atau penggunaan bahan-bahan sintetis yang berasal dari minyak bumi dapat dikurangi dengan menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan mudah terdegradasi oleh alam tanpa mencemari lingkungan, khususnya serat-serat alam. Rencana kegiatan untuk membuat komposit sandwich dengan ampas tebu sebagai core dan serat ijuk sebagai skin. Ampas tebu berasal dari pengolahan limbah tebu dicampur dengan lem fox kemudian serat ijuk sebagai skin untuk pengganti serat fiberglass. Setelah tercampur, kemudian dicetak dengan bentuk tertentu dan dipress dengan mesin press. Setelah komposit kering, kemudian dilapisi dengan serat ijuk dan diolesi resin agar melekat secara sempurna. Kemudian, komposit melewati proses pemesinan untuk dijadikan sebagai furniture dengan desain yang dikehendaki.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 25 May 2016 21:09
    Last Modified: 25 May 2016 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26379

    Actions (login required)

    View Item