PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BANGUNAN DI SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

ARIANA , DINING TYAS (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BANGUNAN DI SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (372Kb) | Preview

    Abstract

    Dining Tyas Ariana. K1511011. Penerapan Model Pembelajaran Mandiri Dengan Model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Bangunan Di SMKN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, April 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model SAVI (2) mengetahui peningkatan kualitas proses belajar (3) mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X TGBA SMKN 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model SAVI di kelas telah dilaksanakan dengan baik (2) model SAVI dapat meningkatkan kualitas proses belajar di kelas (3) model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar di kelas. Artinya, setelah diterapkannya model SAVI di kelas X TGBA kualitas proses dan hasil belajar siswa bisa meningkat. Siswa menjadi lebih mandiri saat proses pembelajaran. Kata Kunci: SAVI, Kualitas Proses, Hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 25 May 2016 09:47
    Last Modified: 25 May 2016 09:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26368

    Actions (login required)

    View Item