PROSEDUR PERIZINAN PEMBANGUNAN HOTEL OLEH DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG BANGUNAN GEDUNG

FAUZI, NASRULLAH NURUL (2016) PROSEDUR PERIZINAN PEMBANGUNAN HOTEL OLEH DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG BANGUNAN GEDUNG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (671Kb) | Preview

    Abstract

    Perhotelan merupakan salah satu sektor pembangunan yang memberikan kontribusi cukup besar pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Yogyakarta pada tahun 2010, bersama dengan sektor perdagangan dan restoran. Kontribusi yang diberikan sebesar 25,30% dari total PDRB. Yogyakarta sebagai salah satu kota dengan kemajuan yang pesat di Indonesia, menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di bidang perhotelan. Pembangunan hotel pun menjadi marak di Kota Yogyakarta. Hal ini ternyata sangat berpotensi merusak keseimbangan alam, karena sebagian bangunan tidak mempertimbangkan pengadaan ruang terbuka hijau dan daerah resapan air yang memadai. Salah satu penyebabnya ialah hotel yang dibangun telah dioperasikan lebih dulu sebelum syarat dan prosedurnya dipenuhi secara keseluruhan. Penyebab itulah yang menjadi dasar bagi penulis dalam melakukan penelitian kali ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur perizinan pembangunan hotel oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta berdasarkan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 tahun 2012 tentang Bangunan Gedung dan kendala yang dihadapi oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta disertai dengan solusi yang akan diberikan kepada pihak-pihak terkait. Penelitian ini bersifat empiris dengan jenis penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa prosedur perizinan pembangunan hotel oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta diberikan melalui tahap administrasi dan tahap teknis yang mana harus sudah dilengkapi oleh investor. Penelitian ini pun juga menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta dalam pelaksanaan perizinan hotel di Kota Yogyakarta disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Solusi yang diberikan penulis pada penelitian ini ditujukan kepada Pemangku Kebijakan dengan instansi-instansi pelaksana di bawahnya, pemilik hotel di Kota Yogyakarta, dan warga masyarakat yang diwakili oleh Tokoh Masyarakat. Kata kunci : Hotel, Perda Kota Yogyakarta No. 2 tahun 2012 tentang Bangunan Gedung, Dinas Perizinan Kota Yogyakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 24 May 2016 21:27
    Last Modified: 24 May 2016 21:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26363

    Actions (login required)

    View Item