PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PANJER TAHUN AJARAN 2015/2016

PRATIWI, IKA SERFIANI (2016) PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PANJER TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (616Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi REACT dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Panjer; (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Panjer melalui penerapan strategi REACT dengan media visual; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi REACT dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Panjer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Panjer tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 22 siswa.Sumber data meliputi siswa dan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara.Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi REACT dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Pajer dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) relating, (b) experiencing, (c) applying, (d) cooperating, (e) transferring, (2) Penerapan strategi REACT dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Panjer. Penerapan strategi REACT oleh guru pada siklus I memperoleh 80,00%, pada siklus II memperoleh 85,67%, pada siklus III meningkat menjadi 93,25%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai 72,73%, siklus II mencapai 81,82%, dan siklus III mencapai 90,91%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah (a) waktu yang digunakan dalam menyampaikan materi terlalu lama, (b) waktu mengerjakan LKS terlalu lama, (c) Siswa belum berani mengungkapkan pendapat. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu (a) mengefisienkan waktu dalam penyampaian materi dengan cara memberikan catatan materi, (b) membatasi waktu pengerjaan LKS, (c) memotivasi siswa untuk menyampaikan pendapat dan memberikan penghargaan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN 3 Panjer tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: strategi REACT, media visual, hasil belajar, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 24 May 2016 21:25
    Last Modified: 24 May 2016 21:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26360

    Actions (login required)

    View Item