PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KRANDEGAN

NURHAYANTI, HENI (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KRANDEGAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (585Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan PMR dengan media visual, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan media visual. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Krandegan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan lembar soal. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan PMR dengan media visual dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) memahami masalah kontekstual dengan memperkenalkan media; (b) menjelaskan masalah kontekstual menggunakan media disertai tanya jawab; (c) menyelesaikan masalah kontekstual; (d) membandingkan, mendiskusikan, dan melengkapi jawaban; (e) menyimpulkan; (2) penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN2 Krandegan tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan peningkatkan ketuntasan hasil belajar, yaitu siklus I 70,31%, siklus II 82,5%, dan siklus III 90,3%, (3) kendala pada penerapan pendekatan PMR dengan media visual yaitu:(a) siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, (b) guru kurang memotivasi siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dan ada siswa yang mendominasi dalam menyelesaikan masalah, (c) guru belum memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi dengan keinginan sendiri, (d) ada siswa yang tidak ikut menyimpulkan.Solusinya yaitu: (a) siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, (b) guru lebih memotivasi siswa bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dan siswa aktif dalam menyelesaikan masalah, (c) guru memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi dengan keinginan sendiri, (d) siswa diminta ikut aktif menyimpulkan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual secara tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 2 Krandegan Tahun Ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 24 May 2016 20:33
    Last Modified: 24 May 2016 20:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26356

    Actions (login required)

    View Item