PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2014/2015 (Kompetensi Dasar Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan)

FERA, MIDA HAPPY NUCI (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2014/2015 (Kompetensi Dasar Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (551Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model cooperative learning teknik kancing gemerincing kelas XI IIS 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015 pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi peserta didik melalui penerapan model cooperative learning teknik kancing gemerincing kelas XI IIS 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015 pada kompetensi dasar pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Kelas XII IIS 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model cooperative learning teknik kancing gemerincing terbukti secara empirik dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Persentase rata-rata keaktifan peserta didik dari 44,27% meningkat menjadi 64,59% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,82%. dan (2) penerapan model cooperative learning teknik kancing gemerincing terbukti secara empirik dapat meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IIS 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Persentase hasil belajar kompetensi pengetahuan dari 46,87% meningkat menjadi 62,50% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,13%, hasil belajar kompetensi sikap pada siklus I sebesar 81,25% dan pada sikus II meningkat menjadi 100%, hasil belajar kompetensi keterampilan pada siklus I sebesar 56,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,88%, peserta didik tuntas. Kata Kunci : Cooperative Learning, Teknik Kancing Gemerincing, Keaktifan Peserta Didik, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 24 May 2016 19:40
    Last Modified: 24 May 2016 19:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26350

    Actions (login required)

    View Item