EFEKTIVITAS METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ( Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan )

FARISI, MAULANA AL (2016) EFEKTIVITAS METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ( Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (247Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran antara metode Team Assisted Individualization (TAI), metode Problem Based Learning (PBL) dan metode ceramah terhadap motivasi dan hasil belajar, 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran antara metode Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode ceramah terhadap motivasi dan hasil belajar, 3) Mengetahui efektivitas pembelajaran antara metode Problem Based Learning (PBL) dengan metode ceramah terhadap motivasi dan hasil belajar, dan 4) Mengetahui efektivitas pembelajaran antara metode Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar Geografi pada kompetensi dasar “Mendeskripsikan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan” siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Pretest-Posttest Only With Nonequivalent Group Design). Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Satu Arah (One Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rerata motivasi sebesar 62,28 dan hasil belajar sebesar 81,3 metode TAI lebih efektif dibandingkan dengan rerata motivasi sebesar 59,13 dan hasil belajar sebesar 75,8 metode PBL serta rerata motivasi sebesar 55,6 dan hasil belajar sebesar 70,2 metode ceramah, 2), Rerata motivasi sebesar 62,28 dan hasil belajar sebesar 81,3 metode TAI lebih efektif dibandingkan dengan rerata motivasi sebesar 55,6 dan hasil belajar sebesar 70,2 metode ceramah, 3) Rerata motivasi sebesar 59,13 dan hasil belajar sebesar 75,8 metode PBL lebih efektif dibandingkan dengan rerata motivasi sebesar 55,6 dan hasil belajar sebesar 70,2 metode ceramah, dan 4) Rerata motivasi sebesar 62,28 dan hasil belajar sebesar 81,3 metode TAI lebih efektif dibandingkan dengan rerata motivasi sebesar 59,13 dan hasil belajar sebesar 75,8 metode PBL. Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: sholikun ikun
    Date Deposited: 24 May 2016 19:18
    Last Modified: 24 May 2016 19:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26345

    Actions (login required)

    View Item