PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP DIVIDEN D POLICY (STUDI PADA HOTEL, RESTORAN, DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014)

Afriyanto, Yudha Dwi (2016) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP DIVIDEN D POLICY (STUDI PADA HOTEL, RESTORAN, DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (787Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP DIVIDEN D POLICY (STUDI PADA HOTEL, RESTORAN, DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014) Oleh : YUDHA DWI ARFIYANTO F0210141 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap dividen policy pada perusahaan sektor jasa sub sektor hotel restoran dan pariwisata yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2010-2014. Pada penelitian ini corporate governance diproksikan oleh variabel board size, board independency, board intensity, dan foreign ownership. Sedangkan untuk dividend policy menggunakan proksi variabel dummy dengan kriteria 0 untuk tidak membagikan dividen dan 1 untuk membagikan dividen. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol profitabilitas dan laverage. Data yang digunakan adalah data sekunder, sampel penelitian ini diperoleh dari annual report perusahaan sektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2014. Kriteria pengambilan sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor hotel restoran dan pariwisata yang mengeluarkan annual report pada periode 2010-2014. Sampel dari penelitian ini sebanyak 18 perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Board size berpengaruh positif signifikan terhadap pembagian dividen. Board independency tidak berpengaruh terhadap pembagian dividen. Board intensity berpengaruh positif signifikan terhadap pembagian dividen. Foreign ownership berpengaruh negatif signifikan terhadap pembagian dividen. Variabel kontrol profitabilitas (ROA) dan laverage (DTA) tidak memiliki pengaruh terhadap pembayaran dividen. Kata kunci : Corporate Governance, Dividend Policy, Board Size, Board Independency, Board Intens ity, Foreign Ownership.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 May 2016 09:38
    Last Modified: 24 May 2016 09:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26340

    Actions (login required)

    View Item