Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Lingkungan Pedesaan dan Perkotaan.

Suwardi, Yessi Perdanasari (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Lingkungan Pedesaan dan Perkotaan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Suwardi, Yessy Perdanasari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas XI Ditinjau dari Lingkungan Pedesaan dan Perkotaan. Tesis, Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Minat Utama Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Soegiyanto, SU, (II) Dr. Sarwono, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan ceramah, perbedaan hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS di lingkungan pedesaan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan ceramah, perbedaan hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS di lingkungan perkotaan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan ceramah, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan lingkungan belajar terhadap hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS. Desain penelitian menggunakan post test only design dengan analisis faktorial 2x2 dua jalan. Uji hipotesis lanjut menggunakan metode scheffe. Instrumen berupa tes hasil belajar geografi dengan bentuk soal pilihan ganda dengan indikator ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pembelajaran ceramah dengan dari nilai sig. (2-tailed) 0,046 < α 0,05 dan Fhitung 4,072 > Ftabel 3,939. 2) Hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS di lingkungan pedesaan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih rendah daripada pembelajaran ceramah dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 <  0,05 dan Fhitung 19,092 > Ftabel 3,939. 3) Hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS di lingkungan perkotaan yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pembelajaran ceramah dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 <  0,05 dan Fhitung 19,092 > Ftabel 3,939. 4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan lingkungan pedesaan dan perkotaan terhadap hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan pada siswa kelas XI-IPS dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 <  0,05 dan Fhitung 56,921 > Ftabel 3,939. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, lingkungan pedesaan, lingkungan perkotaan, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 24 May 2016 08:37
    Last Modified: 24 May 2016 08:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26337

    Actions (login required)

    View Item