KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Utami, Winarti Sekar (2016) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (708Kb) | Preview

    Abstract

    Winanti Sekar Utami. K1212073. KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel SUTI; (2) karakteristik kejiwaan tokoh utama ; (3) nilai-nilai pendidikan karakter; dan (4) relevansi novel SUTI sebagai materi pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi psikologi sastra. Sumber data yang digunakan adalah novel SUTI karya Sapardi Djoko Damono dan wawancara dengan guru, murid, dan sastrawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu, (1) reduksi data; (2) sajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur pada novel SUTI meliputi tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) karakteristik kejiwaan pada tokoh utama dalam novel SUTI dapat dipahami melalui teori Sigmund Freud (id, ego,dan superego) yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam maupun faktor luar; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel SUTI didominasi oleh nilai pendidikan karakter mandiri, komunikatif, gemar membaca dan peduli sosial; dan (4) novel SUTI relevan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA. Kata kunci: novel, analisis struktural, psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, materi ajar sastra

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 23 May 2016 23:10
    Last Modified: 23 May 2016 23:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26334

    Actions (login required)

    View Item