KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT BAMBU SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF KAMPAS REM MOBIL

EKO SAPUTRO, ADITYA (2016) KAJI EKSPERIMENTAL PERFORMANSI PENGEREMAN KAMPAS REM SERAT BAMBU SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF KAMPAS REM MOBIL. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (514Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menyelidiki pengaruh variasi komposisi bahan serat bambu, serat aluminium (Al), magnesium oksida (MgO) dan resin polyester terhadap nilai koefisien gesek pada pengujian performansi pengereman. (2) Menyelidiki variasi komposisi kampas rem dengan bahan friksi serat bambu yang paling ideal terhadap koefisien gesek dengan pembanding kampas rem nissin. (3) Membandingkan performansi pengereman kampas rem mobil dengan memanfaatkan serat bambu sebagai salah satu bahan penyusun dengan kampas rem pembanding merk Nissin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pengolahan data secara deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan melakukan uji performansi pengereman menggunakan mesin prony brake. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan membuat 3 komposisi kampas rem, setiap komposisi dibuat 3 buah sampel menjadi (1A, 1B, 1C; 2A, 2B, 2C; 3A, 3B, 3C). Data diperoleh dari hasil uji performansi pengereman kemudian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) Variasi komposisi kampas rem berpengaruh terhadap nilai koefisien gesek. Semakin bertambahnya persentase komposisi serat bambu maka semakin rendah nilai koefisien gesek sampel kampas rem, serta semakin bertambahnya persentase magnesium oksida (MgO) maka semakin meningkat pula koefisien gesek yang dihasilkan. (2) Koefisien gesek yang paling baik adalah sampel kampas rem komposisi 1 dengan komposisi serat bambu 35%, aluminium 15%, MgO 35%, resin 15% dengan nilai koefisien gesek 0,404. (3) Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kampas rem mobil dengan memanfaatkan serat bambu sebagai salah satu bahan penyusun mempunyai performansi pengereman yang lebih baik dibandingkan dengan kampas rem pembanding merk Nissin jika ditinjau dari hasil pengujian koefisien gesek. Kata Kunci: kampas rem, performansi pengereman, koefisien gesek, prony brake, serat bambu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 23 May 2016 07:57
    Last Modified: 23 May 2016 07:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26328

    Actions (login required)

    View Item