PELATIHAN PEMBUATAN VERMIKOMPOS SEBAGAI IMPLEMENTASI SISTEM PERTANIAN TERPADU DAN BERKELANJUTAN DI DESA PALUR, KECAMATAN MOJOLABAN, KABUPATEN SUKOHARJO

Anwar, Chairul and , Habib and Prasetyo Aji, Danu and Akbarrul Huda, Faizal (2016) PELATIHAN PEMBUATAN VERMIKOMPOS SEBAGAI IMPLEMENTASI SISTEM PERTANIAN TERPADU DAN BERKELANJUTAN DI DESA PALUR, KECAMATAN MOJOLABAN, KABUPATEN SUKOHARJO. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (39Kb) | Preview

    Abstract

    Pertanian adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia karena dari sektor inilah kebutuhan pangan manusia dapat terpenuhi. Kegiatan produksi pangan di sektor petani saat ini sangat bergantung pada berbagai jenis pupuk kimiawi yang sebenarnya kurang baik untuk kelanjutan sistem pertanian. Sudah saatnya petani mulai menerapkan pertanian terpadu dan berkelanjutan yang ramah lingkungan, antara lain dengan penggunaan pupuk organik Penggunaan pupuk kimiawi sebaiknya mulai dikurangi dan diganti dengan jenis lain, misalnya kompos. Penggunaan kompos tentu akan menjadi lebih efisien kaitannya dengan biaya. Salah satu jenis kompos yang baik adalah vermikompos yang dibuat dengan bantuan cacing. Masyarakat Desa Palur, Mojolaban, Sukoharjo yang sebagian besar merupakan petani. Pada praktik budidaya mereka masih menggunakan pupuk kimiawi sebagai penunjang produksi. Padahal hal itu akan menurunkan kualitas tanah jika digunakan secara berlebihan. Hadirnya pupuk organik dapat menyeimbangkan penggunaan pupuk kimia. PKM-M mencoba untuk membantu petani memanfaatkan jerami untuk dibuat vermikompos sehingga meminimalkan biaya pembelian pupuk kimiawi.

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 22 May 2016 19:42
    Last Modified: 22 May 2016 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26321

    Actions (login required)

    View Item