”MEMBANGUN SINERGISITAS PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS ILMU PENGETAHUAN DI DESA TELOYO, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KLATEN”

TRI HARTANTO, NUGROHO and JUNI PRASETYO, SIGIT and EKO P., HANDOKO and RAHMAD WIBOWO, HARUN and OKTA ARIYANTO, RACHMAT (2016) ”MEMBANGUN SINERGISITAS PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS ILMU PENGETAHUAN DI DESA TELOYO, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KLATEN”. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (129Kb) | Preview

    Abstract

    Mengacu pada Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, maka hendaknya perguruan tinggi dapat melaksanakan darma tersebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian masyarakat sebagai salah satu darma perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam membina dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realistis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan sarana bagi mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Program yang kami usulkan kali ini berjudul “Membangun Sinergisitas Pengabdian Masyarakat Berbasis Ilmu Pengetahuan di Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten”. Bentuk dari program ini yang utama ada 3 macam yaitu pertama pengembangan masyarakat dibidang ilmu pengetahuan dengan mendirikan perpustakaan di tengah desa sebagai sentra atau pusat dari program pengabdian ini, kedua penataan dan perbaikan lingkungan pertanian dengan penyuluhan sistem pertanian terpadu khususnya kepada petani, dan ketiga penguatan finansial bidang ekonomi dengan membangun keterampilan usaha dengan berbagai pelatihan, diimbangi pendampingan kepada masyarakat. Program ini memiliki tiga tujuan jangka panjang berdasarkan dari beberapa bentuk pengabdian di atas yakni mewujudkan masyarakat yang kaya akan ilmu pengetahuan, masyarakat yang kuat dibidang finansial ekonomi dan masyarakat yang peduli akan lingkungan sekitarnya khususnya lingkungan pertanian. Adapun target khusus yang ingin dicapai melalui program ini adalah untuk awalan yaitu menjadikan masyarakat Desa Teloyo sebagai sebagai salah satu desa teladan dan dapat dijadikan contoh desa unggulan di wilayah Klaten. Dari program yang telah diuraikan di atas maka metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Key Word : Tridarma Perguruan Tinggi, Masyarakat, Sinergisitas, Ilmu Pengetahuan

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 22 May 2016 19:32
    Last Modified: 22 May 2016 19:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26318

    Actions (login required)

    View Item