Peningkatan Produktivitas Lele Organik dengan Memanfaatkan Azolla dan Dedak Padi Sebagai Pakan Pengganti Pellet Pabrik Yang Murah dan Menguntungkan.

Noor, Safuan and Haryadi, Jodi and Haryanto, Try and Prasetiyo Aji, Wijang (2016) Peningkatan Produktivitas Lele Organik dengan Memanfaatkan Azolla dan Dedak Padi Sebagai Pakan Pengganti Pellet Pabrik Yang Murah dan Menguntungkan. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (43Kb) | Preview

    Abstract

    Ikan lele adalah salah satu bahan pangan sumber protein hewani yang sangat digemari oleh masyarakat karena harganya relatif murah. Budidaya lele 70% biaya produksi sangat dipengaruhi oleh biaya pakan, seiring mahalnya harga pakan lele menjadikan minat masyarakat dalam budidaya lele semakin berkurang. Sehingga perlu adanya solusi pakan yang murah dan dapat meningkatkan produktifitas lele, yaitu dengan pemanfaatan Azzola. Azzola sering juga disebut mata lele merupakan tumbuhan air yang hidup di kolam, danau, rawa, maupun sungai kecil yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Kandungan nutrisi dari Azzola sangat menjajikan yaitu kadar protein 24-35%, mineral 10-15%, asam amino 7-10%, dengan kandungan nutrisi tersebut Azzola sangat potensial dijadikan sebagai bahan pakan pengganti pakan pabrik. kandungan nutrisi protein 9,5%, air 16,2%, serat kasar 16,4%, lemak 3,3%, BETN 43,8% dan abu 10,8%. Azzola dijadikan tepung kemudian diformulasi dengan dedak halus dan diadikan sebagai pakan lele. Rencana kegiatan budidaya lele dengan pakan pengganti Azzola ini dilakukan selama 3 bulan, mulai dari penyebaran benih sampai panen. Budidaya lele dilakukan di kolam ikan lele yang berlokasi di Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Bibit lele dipasok dari pasar ikan Depok Surakarta, sementara Azzola diperoleh dari hasil budidaya sendiri disamping kolam lele, dan dedak halus diperoleh dari penggilingan padi di Karanganyar. Pemakaian Azzola dan dedak halus dalam budidaya lele ini diharapkan dapat menciptakan produk lele organik yang berkualitas dan mampu bersaing dipasaran serta dapat menekan biaya produksi yang kian hari kian mahal. Selain itu juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi mahasiswa dan pemanfaatan bahan pakan alternatif untuk menekan biaya produksi dan menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan pemeliharaan yang intensif dan pakan alternatif yang berkualitas tentu akan menghasilkan produk berkualitas dan mampu bersaing dipasaran. Kata kunci : Lele, Azolla, Dedak

    Item Type: Other
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 22 May 2016 18:38
    Last Modified: 17 Mar 2017 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26307

    Actions (login required)

    View Item