PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN BENGUK (Mucuna Pruiren) SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PANGAN PENGGANTI KEDELAI DI DUSUN KARANG DESA GAMBIRMANIS KECAMATAN PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI

, Suprapto and Setya Emawari, Putri and Liskasari, Rindi and Waryanti, Dwi (2016) PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN BENGUK (Mucuna Pruiren) SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PANGAN PENGGANTI KEDELAI DI DUSUN KARANG DESA GAMBIRMANIS KECAMATAN PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI. UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (79Kb) | Preview

    Abstract

    Mucuna Pruiren atau yang biasa disebut sebagai tanaman Benguk, merupakan tanaman yang jarang dimanfaatkan oleh warga desa Gambirmanis Pracimantoro. Warga desa Gambirmanis hanya menjual biji benguk tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu, sehingga harga yang didapatkan oleh warga tidak sebanding dengan biji yang dijual. Usulan program ini direncanakan untuk membantu para penduduk di Dusun karang tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas produk tanaman Benguk dengan pelatihan pengolahan tanaman Benguk, sehingga akhirnya nanti produk tanaman Benguk akan dapat bernilai jual lebih tinggi dan mampu bersaing dengan jenis produk polong-polongan lainnya serta bisa menjadi bahan alternatif pengganti kedelai. Langkah-langkah yang akan dilakukan dimulai dari persiapan yang dilakukan untuk mempersiapkan tempat, alat dan bahan yang akan digunakan pada tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan kegiatan yang meliputi empat tahap yakni sosialisasi, pelatihan, pendampingan produksi, pendampingan perijinan dan pemasaran. Langkah-langkah tersebut merupakan rangakian untuk mencapai tujuan usulan program.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 22 May 2016 17:32
    Last Modified: 01 Sep 2016 11:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26302

    Actions (login required)

    View Item