PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DEPOKREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

SYARIFUDDIN, ANIS (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DEPOKREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (76Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran VAK dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Depokrejo Tahun Ajaran 2015/2016; (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang Gaya melalui penerapan model pembelajaran VAK dengan media konkret pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Depokrejo Tahun Ajaran 2015/2016; dan (3) mendeskripsikan solusi dari kendala dalam penerapan model pembelajaran VAK dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Depokrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Depokrejo yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran VAK dengan media benda konkret terdiri dari empat langkah, yaitu: persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil; (2) penerapan model pembelajaran VAK dengan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dibuktikan dengan meningkatkan persentase ketuntasan siswa dari 53,57% sebelum dilaksanakan tindakan, menjadi 89,12% setelah dilaksanakan tindakan; dan (3) kendala utama yang dihadapi antara lain: guru kurang memperhatikan lokasi waktu yang telah direncanakan, siswa kurang aktif dalam bertanya kepada guru, dan beberapa siswa kurang memahami langkah-langkah percobaan. Solusinya yaitu: guru melaksanakan pembelajaran sesuai alokasi waktu yang direncanakan, guru memotivasi siswa agar berani mengajukan pertanyaan, dan guru mengecek pemahaman siswa sebelum percobaan dimulai. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran VAK dengan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Depokrejo tahun angkatan 2015/2016. Kata kunci: VAK, benda konkret, hasil belajar, IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 21 May 2016 03:06
    Last Modified: 21 May 2016 03:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26272

    Actions (login required)

    View Item