SImulasi Kecepatan dan Pola Aliran Material Pada Friction Stir Welding Dengan Tool Pin Silinder Dan Tirus Dengan Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan ANSYS CFX

RAHARJO, GALIH TIMBUL (2016) SImulasi Kecepatan dan Pola Aliran Material Pada Friction Stir Welding Dengan Tool Pin Silinder Dan Tirus Dengan Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan ANSYS CFX. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (24Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecepatan dan pola aliran yang dihasilkan pada friction stir welding akibat pengaruh perbedaan profil pin dengan metode elemen hingga menggunakan metode pemodelan ANSYS CFX nilon 6. Profil pin yang digunakan adalah pin silinder dan tirus serta dianalisa dalam keadaan steady state. Sumber panas pada tool shoulder dan tool pin diatur sebesar 80% dari titik leleh nilon 6. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa kecepatan aliran pada sisi retreat lebih tinggi dibanding sisi advance pada posisi awal dan tengah proses friction stir welding dengan pin silinder dan tirus, sedangkan pada posisi akhir proses friction stir welding dengan pin silinder dan tirus, laju kecepatan aliran lebih tinggi pada sisi advance dibanding sisi retreat. Secara keseluruhan, proses friction stir welding dengan pin silinder dan tirus kecepatan aliran di depan pin lebih tinggi dibanding di belakang pin. Pola aliran yang dihasilkan pada friction stir welding dengan pin tirus lebih teratur dibandingkan pada pin silinder.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 20 May 2016 12:43
    Last Modified: 20 May 2016 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26254

    Actions (login required)

    View Item