STUDI AKURASI INFORMASI WAKTU PERJALANAN (STUDI KASUS : SIMPANG SROYO – SIMPANG MOJOSONGO) “Accuracy Study of Travel Time Information” (Case Study : Sroyo Intersection – Mosjosongo Intersection)

Hakim, Arief Rahman (2016) STUDI AKURASI INFORMASI WAKTU PERJALANAN (STUDI KASUS : SIMPANG SROYO – SIMPANG MOJOSONGO) “Accuracy Study of Travel Time Information” (Case Study : Sroyo Intersection – Mosjosongo Intersection). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (964Kb) | Preview

    Abstract

    Arief Rahman Hakim, 2016. Studi Akurasi Informsai Waktu Perjalanan (Studi Kasus : Simpang Sroyo – Simpang Mojosongo, Surakarta). Skripsi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Saat ini Kota Solo telah menerapkan teknologi transportasi dengan memasang Variabel Message Sign (VMS). VMS akan memberi informasi lalu lintas khususnya waktu perjalanan. Namun, VMS di Solo belum efektif, karena belum memberikan info real kondisi lalu lintas, termasuk waktu perjalanan. Simpang Sroyo merupakan simpang yang memberikan dua alternatif rute menuju Kota Solo. Jika VMS dipasang di Simpang Sroyo, informasi waktu perjalanan pada VMS akan bermanfaat dan mengurangi ketidakpastian dalam melakukan perjalanan. Untuk menyediakan informasi waktu perjalanan tersebut dibutuhkan metode estimasi waktu perjalanan yang tepat, maka perlunya mengamati tingkat akurasi waktu perjalanan dari sudut pandang pengguna jalan.Penelitian ini bertujuan mengetahui pendapat pengguna jalan mengenai akurasi informasi waktu perjalanan terhadap waktu perjalanan sebenarnya dan pemiliahan rute dengan informasi tersebut. Formulir wawancara disusun dengan metode stated preference Penelitian ini menggunakan atribut estimasi waktu perjalanan yaitu yaitu 6 menit,7 menit, dan 8 menit dan waktu perjalanan aktual yaitu dengan ditambah tingkat kesalahan 5%,10%,dan 15%. Utilitas waktu perjalanan dilakukan menggunakan regresi linier sederhana, kemudian dihitung probabilitasnya dengan model logit biner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan informasi waktu perjalanan pada probabilitas 50% yaitu 138 detik atau 2 menit 17 detik nilai tersebut merupakan batas dimana pengguna jalan menganggap akurat.Pada penelitian ini dianalisis juga berdasarkan karakteristik pengguna jalan. Karakteristik jenis kendaraan mobil penumpang memiliki toleransi waktu paling besar yaitu 2 menit 51 detik dan karakteristik maksud perjalanan dengan maksud perjalanan sekolah memiliki toleransi waktu paling kecil yaitu 1 menit 45 detik. Kata kunci :informasi waktu perjalanan, akurasi,pemilihan rute, VMS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: yulia nurhalimah
    Date Deposited: 20 May 2016 07:48
    Last Modified: 20 May 2016 07:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26250

    Actions (login required)

    View Item