PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN DAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BOLA MENYUSUR TANAH SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Martgatha Kasih., Andrian (2016) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN LATIHAN DAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BOLA MENYUSUR TANAH SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (371Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan latihan dan bermain terhadap kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbolapada siswa putra ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Metode yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan latihan dengan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 7 SurakartaTahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa putra ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan passing bola menyusur tanah sepak bola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian : Hasil penelitian diperoleh nilai perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung 1,00 < ttabel 2,145. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes akhir dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung 2,712 > ttabel 2,145. Berdasarkan hasil perhitungan persentase perbedaan kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 63,514%. Sedangkan kelompok 2 memiliki peningkatan sebesar 40,789%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan latihan dan bermain terhadap kemampuan passing bola menyusur tanah sepak bola pada siswa putra ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Pendekatan latihan lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola, metode pendekatan latihan, metode pendekatan bermain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 19 May 2016 06:31
    Last Modified: 19 May 2016 06:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26232

    Actions (login required)

    View Item