KINCIR BENGAWAN-TEKNOLOGI HIBRID TURBIN ANGIN QUIET REVOLUTION 5 DENGAN TURBIN AIR DARRIEUS SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK MANDIRI DI KAWASAN JEMBATAN JURUG SURAKARTA

Tri Wijanarko, Aprivianto and Tara Setyaji, Argatya and Hawidhi Sukarna, Muhamad and Sutanto, Bayu (2016) KINCIR BENGAWAN-TEKNOLOGI HIBRID TURBIN ANGIN QUIET REVOLUTION 5 DENGAN TURBIN AIR DARRIEUS SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK MANDIRI DI KAWASAN JEMBATAN JURUG SURAKARTA. eki putri.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (184Kb) | Preview

    Abstract

    Wilayah sekitar Jembatan Jurug Surakarta menarik untuk dikembangkan menjadi icon wisata di Surakarta. Tujuan dari program kreatifitas ini adalah merancang pembangkit listrik dari sumber terbarukan untuk keperluan penerangan wisata di Jurug. Besarnya kebutuhan daya adalah 6 kW. Untuk penerangan 6 kW dapat disuplai dari pembangkit listrik Kincir Bengawan. Kincir Bengawan merupakan pembangkit listrik sistem hibrid antara tenaga air (Sungai Bengawan Solo) dan tenaga angina. Kincir Bengawan diletakkan di bawah jembatan Jurug dengan menggunakan sistem pelampung. Karena head yang rendah maka untuk turbin dipilih dari jenis turbin Darrieus dan turbin Quiet Revolution 5. Untuk kecepatan air 4 m/s mampu dihasilkan torsi, daya turbin, dan efisiensi sebesar 41,6 Nm, 3,96 kW, dan 25,8%. Turbin Darrieus yang digunakan berjenis NACA 0015 dengan diameter 0,6 m, chord 0,18 m dan tinggi turbin 0,8 m. Pada kecepatan aliran 4 m/s diperoleh torsi dan daya turbin sebesar 506 Nm dan 4,8 kW. Perancangan turbin Darrieus dan pola aliran dalam turbin dilakukan dengan simulasi CFD (computational fluid dynamic). Sehingga kebutuhan daya 6 kW untuk penerangan tempat wisata dapat terpenuhi dari Kincir Bengawan yang merupakan kombinasi (hybrid) antara pembangkit listrik tenaga air dan tenaga angina. Kegiatan dilakukan dengan melakukan pengumpulan data fisik, studi literatur, desain alat berdasarkan teori yang ada, dan modifikasi berdasarkan hasil yang diperoleh. Pada hasil akhir kegiatan, tim penulis menghasilkan miniatur dan maket dari desain yang telah dibuat. Kata Kunci: Kincir Bengawan, Wisata Jurug, Hybrid, Turbin Darrieus, Turbin Quiet Revolution 5.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 18 May 2016 22:50
    Last Modified: 18 May 2016 22:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26225

    Actions (login required)

    View Item