PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V SD N 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2015/2016

Choerunnisa, Fitri (2016) PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V SD N 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (699Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R); (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R); dan (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber yang berasal dari siswa kelas V, observer, guru kelas V dan dokumen, serta triangulasi teknik yang terdiri dari teknik tes dan nontes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan metode SQ3R sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: (a) Survey; (b) Question; (c) Read; (d) Recite; dan (e) Review; (2) Penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016, dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan nilai keterampilan membaca pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 62,83%, pada siklus II sebesar 79,11% dan pada siklus III sebesar 91,71%; (3) Kendala yang dihadapi, yaitu: (a) siswa kurang memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami; (b) siswa kurang aktif atau ramai sendiri dalam melakukan diskusi; dan (c) waktu yang dibutuhkan cukup lama karena untuk membaca menggunakan metode SQ3R harus melalui beberapa langkah yaitu survey, question, read, recite, review. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru memotivasi siswa agar bertanya apabila ada hal yang belum dipahami; (b) guru memotivasi siswa agar aktif dalam melakukan diskusi; dan (c) guru mengatur waktu pembelajaran seefisien mungkin. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, SQ3R

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 18 May 2016 19:54
    Last Modified: 18 May 2016 19:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26220

    Actions (login required)

    View Item