Optimalisasi Kegiatan Bermain Cooperative untuk Meningkatkan Sikap Sosial Anak Kelompok B TK Aisyiyah 50 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015

DAMAYANTI, ANNISSA (2016) Optimalisasi Kegiatan Bermain Cooperative untuk Meningkatkan Sikap Sosial Anak Kelompok B TK Aisyiyah 50 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (153Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial melalui kegiatan bermain kooperatif anak kelompok B TK Aisyiyah 50 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini anak kelompok B3 TK Aisyiyah 50 Surakarta yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kooperatif dapat meningkatkan sikap sosial anak kelompok B TK Aisyiyah 50 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 27,8%, siklus I 50%, dan siklus II 77,8%. Kata kunci: sikap sosial, bermain kooperatif Abstract. The purpose of this research is to increase social attitude through cooperative games in children kindergarten B Aisyiyah 50 Surakarta academis year 2014/ 2015. This research is Classroom Action Research (CAR) the research was conducted over two cycles. Each cycle consisit of four stages namely planning, action, observation, and reflection. The subject were children in group B, which represent 18 children. The data collection technique using observation, interview, performance, and documentation. The validity using triangulation source and triangulation technique. The data analyzing using descriptive statistic comparative. The result showed that cooperative games can increase the social attitude in children kindergarten B Aisyiyah 50 Surakarta academis year 2014/ 2015. This is proven by the ability increasing of the child in each cycle. The thoroughness on the pre-action is 27,8%, in the first cycle is 50%, and the second cycle is 77,8%. Keywords. social attitude, cooperative games

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 May 2016 16:28
    Last Modified: 18 May 2016 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26206

    Actions (login required)

    View Item