STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMSGAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PALUPI, ANISA SEKAR (2016) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMSGAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1474Kb) | Preview

    Abstract

    Anisa Sekar Palupi. K3311007. STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMSGAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penggunaan media Ular Tangga dan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tourrnament (TGT) pada materi pokok sistem koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksprimen dengan desain The Static Group Comparison yang dilaksanakan pada dua kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 yang menggunakan media Ular Tangga dan kelas XI IPA 4 yang menggunakan media Teka-Teki Silang. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket dan tes. Teknik analisis data dengan uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aspek kognitif pada pembelajaran yang disertai media pembelajaran Ular Tangga dan media Teka-Teki Silang. Sedangkan pada prestasi belajar aspek afektif penggunaan media Ular Tangga dan Teka-Teki Silang tidak menunjukan perbedaan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rataan prestasi belajar aspek kognitif kelas media Ular Tangga dan kelas media Teka-Teki Silang berturut-turut 83,67 dan 77,33, sedangkan nilai rataan prestasi aspek afektif berturut-turut adalah 81,2 dan 80,9. Berdasarkan uji-t dua pihak, pada prestasi aspek kognitif ditunjukkan bahwa thitung(7,74045) > ttabel(2,0017), sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan prestasi aspek kognitif. Pada prestasi aspek afektif ditunjukkan bahwa thitung(0,5027) < ttabel(2,0017), sehingga Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan prestasi aspek afektif. Kata Kunci : penelitian eksperimen, teams games tournament, media pembelajaran, ular tangga, teka-teki silang, prestasi belajar, sistem koloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 May 2016 16:22
    Last Modified: 18 May 2016 16:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26204

    Actions (login required)

    View Item