KUALITAS LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SERTA PROSPEK IMPLEMENTASI SAK ETAP (STUDI PADA UKM BATIK DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO)

RAMADHANI, ALI AKBAR (2016) KUALITAS LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) SERTA PROSPEK IMPLEMENTASI SAK ETAP (STUDI PADA UKM BATIK DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (445Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas laporan keuangan yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terhadap jumlah kredit yang diterima UKM. Penelitian ini juga meneliti mengenai persepsi pengusaha UKM terkait pentingnya pembukuan dan pelaporan keuangan usaha, serta prospek implementasi SAK ETAP. SAK ini diberlakukan mulai tahun 2011 dengan tujuan untuk mempermudah UKM dalam menyusun laporan keuangan. Sampel yang digunakan adalah UKM batik yang ada di Kampung Batik Laweyan Solo, ditentukan dengan metode convenience sampling. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner sebanyak 40 buah dengan pengembalian sejumlah 33 kuesioner (82,5%). Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda untuk menganilisis pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen pada 3 model penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan pengusaha dan ukuran usaha memiliki pengaruh positif signifikan terhadap persepsi pengusaha terkait pentingnya pelaporan keuangan. Sementara ukuran usaha serta tingkat informasi dan sosialisasi SAK ETAP berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pengusaha terkait SAK ETAP. Di sisi lain, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh signifikan dari kualitas laporan keuangan terhadap jumlah kredit yang diterima UKM. Kata Kunci: kualitas laporan keuangan, persepsi pengusaha, jumlah kredit, pemahaman pengusaha terkait SAK ETAP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 May 2016 15:24
    Last Modified: 18 May 2016 15:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26197

    Actions (login required)

    View Item