PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM AWALAN MENYAMPING PADA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

AHMADI , NUR (2016) PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM AWALAN MENYAMPING PADA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (880Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nur Ahmadi. PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM AWALAN MENYAMPING PADA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar lempar cakram. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data penelitian dapat disajikan sebagai berikut mulai dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan, siswa belum menunjukan hasil belajar yang baik, kategori sangat baik dengan persentase 0%, kategori baik dengan persentase 0%, kategori cukup dengan persentase 19,23% atau 5 siswa dari 26 siswa, kategori kurang dengan persentase 46,15% atau 12 siswa dari 26 siswa, kemudian kategori sangat kurang dengan persentase 34,62% atau 9 siswa dari 26 siswa. Pada siklus I kategori sangat baik dengan persentase 0%, kategori baik dengan persentase 26,92% atau 7 siswa dari 26 siswa, kategori cukup dengan persentase 38,46% atau 10 siswa dari 26 siswa, kategori kurang dengan persentase 34,62% atau 9 siswa dari 26 siswa, dan kategori sangat kurang dengan persentase 0%, dari data tersebut bisa di dapat ada sejumlah 17 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 9 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai persentase sangat baik 7,70% atau 2 siswa dari 26 siswa, baik 46,15% atau 12 siswa dari 26 siswa, cukup 30,77% atau 8 siswa dari 26 siswa, kurang 15,38% atau 4 siswa dari 26 siswa, dan sangat kurang 0%. Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa 22 siswa mencapai kriteria tuntas sedangkan 4 siswa belum tuntas dengan jumlah murid 26 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : hasil belajar, lempar cakram, alat bantu pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 15:10
    Last Modified: 18 May 2016 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26192

    Actions (login required)

    View Item