PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIK PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI

KARTININGSIH, NUNUK BUDI (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIK PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (457Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui validitas instrumen buku panduan praktik prakarya dan kewirausahaan pada pokok kerajinan bahan lunak untuk menjamin hasil penelitian.; 2) Untuk mengetahui efektifitas buku panduan praktik prakarya dan kewirausahaan pada pokok bahasan kerajinan bahan lunak untuk meningkatkan minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 1 Purwodadi. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Sampling menggunakan Purposive Sampling merupakan sampel bertujuan yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu (Arikunto, 2013:183). Teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisa statistik inferensial berbasis software SPSS v.21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa : 1) pengembangan buku panduan praktik prakarya dan kewirausahaan dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Purwodadi valid dan layak digunakan dengan hasil pencapaian uji validasi untuk ahli matei 80%, ahli media buku panduan praktik 90,63%, dan praktisi 83,13%. Hasil uji coba mendapatkan presentase pencapaian sebesar 86,25%. 2) buku panduan praktik prakarya dan kewirausahaan dalam rangka meningkatkan minat berwirausaha siswa terbukti efektif untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t = 7,292 yang signifikan pada α = 0,000. Nilai rata-rata ketrampilan kerajinan bahan lunak kelas eksperimen 89,10 dan kelas kontrol 70,34. Kata Kunci : Buku Panduan Praktik Prakarya dan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Kewirausahaan, Keterampilan Wirausaha PENDAHULUAN Semangat kewirausahaan harus ditingkatan dan merupakan suatu kebutuhan pokok. Suatu Negara akan maju dan berkembang jika jumlah wirausahanya banyak. Dengan demikian kemakmuran suatu bangsa bisa meningkat, dan kemiskinan bisa diatasi dengan baik. Pemerintah terus menggenjot pertumbuhan wirausaha sehingga Indonesia bisa menjadi seperti Negara maju yang pertumbuhan ekonominya dimotori oleh wirausaha. Negara maju memiliki 2% wirausaha dari jumlah penduduk. Saat ini Indonesia memiliki 1,56% wirausaha dari total penduduknya. Amerika memiliki 12 persen, Jepang 10 persen, Singapura 7 persen. (www.merdeka.com/uang/4-sebab - jumlah -wirausaha-indonesia-sulit-bertumbuh.html) Data bulan Februari 2015 jumlah penduduk Indonesia 128,3 juta orang, dan Tingkat Pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,81% mengalami penurunan di banding tingkat pengangguran terbuka agustus 2014 sebesar 5,94%. Jumlah pengganguran mencapai 7,4 juta orang dengan Tingkat Pengganguran Terbuka yang menurun dari tahun sebelumnya. Pada jenjang pendidikan SD 3,61%, SMP 7,14%, SMA 8,17%, SMK 9,05%, Diploma I/II/III 7,49%, Universitas 3,34%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 15:05
    Last Modified: 18 May 2016 15:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26189

    Actions (login required)

    View Item