Optimalisasi Penggunaan Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Pada Siswa Kelas VIII F SMP N 14 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

MUKHARAM, AHMAD ADI (2016) Optimalisasi Penggunaan Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Pada Siswa Kelas VIII F SMP N 14 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (307Kb) | Preview

    Abstract

    OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AHMAD ADI MUKHARAM Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36A Kentingan, Surakarta-57126 Email : ahmad.adie@yahoo.com ABSTRAK Ahmad Adi Mukharam. OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAKBOLAPADA SISWA KELAS VIII FSMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015, Skripsi. Surakarta :Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola siswa kelas VIIIF SMP Negeri 14 Surakarta dengan mengoptimalkan penggunaan sarana pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 14 Surakarta yang berjumlah 34 Siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian kemampuan passing bawah sepakbola, aktivitas belajar serta hasil belajar passing bawah sepakbola dengan mengoptimalkan penggunaan sarana pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan pada kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada data awal hasil belajar passing bawah sepakbola pada kategori yang tidak tuntas sebesar 61,8% (21 siswa), dan siswa yang tuntas sebesar 38,2% (13 siswa). Pada siklus I hasil belajar passing bawah sepakbola pada kategori yang tuntas sebesar 70,5% (24 siswa) dan tidak tuntas 29,5% (10 siswa). Sedangkan pada siklus II hasil belajar passing bawah sepakbola kategori tuntas sebesar 82,3% (28 siswa) dan tidak tuntas 17,7 % (6 siswa). Peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus I. Hasil belajar passing bawah sepakbola meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar passing bawah sepakbola meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan optimalisasi penggunaan sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola siswa kelas VIII F SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. ABSTRACT Ahmad Adi Mukharam. OPTIMIZING THE USE OF LEARNING TOOLS TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT IN UNDER-PASSING OF FOOTBALL OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 14 SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015. Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, December 2015. The objective of this research is to improve learning achievement in under-passing of football of the eighth grade students of SMP Negeri 14 Surakarta by optimizing the use of learning tools. This research is a classroom action research (CAR). This research was conducted in two cycles, each cycle consists of planning, taking action, observing, and reflecting. The subject is 34 students of class VIII F of SMP Negeri 14 Surakarta. The data source comes from the teachers and the students. The techniques of collecting data are observing, under-passing capability assessment, learning activity, and learning achievement in under-passing of football by optimizing the use of learning tools. The validity of the data use triangulation techniques. The data are analyzed using descriptive statistic analysis techniques which based on qualitative analysis with percentage. From the analysis result, there is a significantly increase in the beginning condition to the cycle I and from cycle I to cycle II. At the beginning of the learning achievement data in under-passing of football, the category of incomplete students about 61, 8% (21 students) and students who completed about 38,2% (13 students). In the cycle I of learning achievement in under-passing of football, the category of complete students about 70,5% (24 students) and incomplete students about 29,5% (10 students). While in the cycle II of learning achievement in under-passing of football, the completed category about 82.3% (28 students) and incomplete students about 17,7% (6 students). The learning achievement in under-passing of football significantly increases although it is not optimal. The implementation in the cycle II causes the learning achievement in under-passing of football increase to better and create the learning process more active, effective, efficient, and enjoyable so that it can support a quality learning process. The conclusion of this research is to optimize the use of learning tools can improve learning achievement in under-passing of football of class VIII F SMP Negeri 14 Surakarta in the academic year of 2014/2015.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 May 2016 15:00
    Last Modified: 18 May 2016 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26187

    Actions (login required)

    View Item