KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING (Model “Conversation” Mahasiswa Asing Program Pascasarjana di Universitas Sebelas Maret)

FITRI ANDRIANI, ANA (2016) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING (Model “Conversation” Mahasiswa Asing Program Pascasarjana di Universitas Sebelas Maret). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (255Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendiskripsikan dan menganalisis proses interaksi yang terjadi pada mahasiswa asing dengan mahasiswa lokal yang sedang melakukan studi di Universitas Sebelas Maret. Subyek penelitian yang diambil adalah 8 mahasiswa asing program Pascasarjana dari berbagai negara yang sedang melakukan studi di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan pendekatan model “conversation” yang dikemukakan oleh Littlejohn dan Foss (2011), dimana terdapat empat tahapan yang saling berkaitan ketika mahasiswa asing melakukan interaksi dengan mahasiswa lokal yaitu: pengelolaan ketidakpastian, adaptasi, pemaknaan interaksi dan budaya. Hasil menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa asing pada program Pascasarjana di Universitas Sebelas Maret dari semua negara berusaha untuk melakukan interaksi dengan mahasiswa lokal. Komunikasi yang efektif terjadi ketika mahasiswa asing mempunyai kesadaran diri untuk melakukan perencanaan komunikasi ketika akan berinteraksi dengan orang dan lingkunan baru dan berfikir positif terhadap kecemasan/ketidakpastian yang dirasakan ketika berinteraksi dengan mahasiswa lokal. Ketika tinggal di Indonesia mahasiswa asing berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, bahasa, pola bicara dan perilaku mahasiswa lokal. Ada dua konsep diri yang terbentuk ketika mahasiswa asing berinteraksi dengan mahasiswa lokal yaitu konsep terhadap diri sendiri dan konsep terhadap orang lain. Pengalaman bahasa dan budaya mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuan mahasiswa asing untuk berinteraksi dengan mahasiswa lokal. Dari hasil penelitian ini peneliti juga menemukan fakta yang menunjukkan bahwa mahasiswa asing dari berbagai negara mempunyai ciri khas masing-masing individu dan tidak selalu sesuai dengan karakteristik budaya negaranya. Penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi salah satu acuan bagaimana seharusnya para pemangku kepentingan pada lingkup Universitas dapat menggunakan metode yang tepat dalam membantu mahasiswa asing ketika pertama kali tinggal di Indonesia, sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana karakteristik dan budaya masyarakat lokal dengan harapan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa asing bagaimana mereka harus bersikap dan berperilaku pada saat akan dan harus berinteraksi dengan mahasiswa lokal yang pada akhirnya dapat terjalin sebuah relationship yang baik diantara mahasiswa asing dengan mahasiswa lokal. Kata kunci: Komunikasi antarbudaya, mahasiswa asing, pengelolaan ketidakpastian, adaptasi, pemaknaan interaksi, budaya

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 18 May 2016 22:19
    Last Modified: 18 May 2016 22:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26183

    Actions (login required)

    View Item