Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tunanetra Kelas V SLB / A - YKAB Surakarta tahun 2015/2016

ADJI, ALFIAN PRASETYA (2016) Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tunanetra Kelas V SLB / A - YKAB Surakarta tahun 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (161Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNANETRA KELAS V SLB / A – YKAB SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunanetra kelas V SLB / A – YKAB Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design yaitu sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan pengukuran setelah diberikan perlakuan (posttest). Populasinya adalah siswa kelas V SLB / A – YKAB Surakarta yang berjumlah 4 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh karena seluruh subjek digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program komputer SPSS 22. Hasil analisis deskriptif dapat diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 62 menjadi 78. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.070 dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0. 038 pada taraf signifikansi (α) 5%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunanetra kelas V SLB / A – YKAB Surakarta tahun 2015/2016 diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunanetra kelas V SLB / A – YKAB Surakarta tahun 2015/2016. Kata kunci : model reciprocal teaching, kemampuan membaca pemahaman, tunanetra.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 18 May 2016 14:38
    Last Modified: 18 May 2016 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26180

    Actions (login required)

    View Item