PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX PADA REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN PEMERINGKATAN (Studi Kasus : Perusahaan Peserta Pemeringkatan CGPI Tahun 2010-2013)

DIYAH ISWANTI , AMBAR (2016) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX PADA REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN PEMERINGKATAN (Studi Kasus : Perusahaan Peserta Pemeringkatan CGPI Tahun 2010-2013). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (648Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh pengumuman Corporate Governance Perception Index (CGPI) direaksi pasar dengan adanya abnormal return yang signifikan disekitar tanggal pengumuman serta apakah terdapat perbedaan antara cumulative abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman CGPI 2010-2013 baik pada perusahaan dengan kategori Sangat Terpercaya, Terpercaya, dan Cukup Terpercaya. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian sehingga diperoleh sampel sebanyak 62 perusahaan dari 146 perusahaan. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one sample t- test and paired sample t-test untuk menguji adanya reaksi pasar terhadap pengumuman pemeringkatan CGPI dan paired sample t-test untuk menguji perbedaan reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman pemeringkatan CGPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Governance Perception Index (CGPI) hanya berpengaruh terhadap perusahaan dengan kategori sangat terpercaya dan terpercaya saja, dan tidak berpengaruh terhadap perusahaan dengan kategori cukup terpercaya, serta tidak terdapat perbedaan reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman pemeringkatan pada keseluruhan hipotesis. Kata kunci: corporate governance perception index (CGPI), abnormal return, reaksi pasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: dian pratiwi
    Date Deposited: 18 May 2016 11:29
    Last Modified: 18 May 2016 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26175

    Actions (login required)

    View Item