Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Nganjuk

WIRATAMA, NARA SETYA (2016) Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Nganjuk. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (161Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nara Setya Wiratama. S861408036. 2016. Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Nganjuk. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd.,M.Hum. Pembimbing II: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Serat Wedhatama merupakan salah satu Kitab Jawa Kuno yang sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Di dalam serat ini terdapat piwulang dan piweling luhur yang berisi tentang konsep ketuhanan, kemasyarakatan dan kemanusiaan. Nilai-nilai tersebut sangat relevan di ambil dan dimanfaatkan dalam pembelajaran Sejarah di SMA, khususnya nilai kepemimpinan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran Sejarah yang selama ini digunakan di SMA Negeri 1 Nganjuk; (2) mendeskripsikan desain hasil pengembangan Model Pembelajaran Sejarah berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama yang diterapkan untuk peserta didik; (3) mendeskripsikan bentuk akhir Model Pembelajaran berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk maka digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan menguji keefektifan produk supaya dapat berfungsi di masyarakat luas. Tahap penelitian dan pengembangan terdapat sepuluh langkah. Sesuai dengan kebutuhan peneliti bahwa langkah sepuluh tersebut disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan tahap evaluasi (uji efektifitas model). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nganjuk, dengan menggunakan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Hasil uji efektifitas prestasi (kognitif) menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal itu ditunjukkan bahwa hasil uji T dengan taraf signifikansi sebesar 0,906 lebih besar daripada 0,05 (0,906 > 0,05). Maka kelas eskperimen dan kontrol memiliki varian yang sama dengan rerata kompetensi yang juga sama. Uji T untuk penilaian sikap diperoleh nilai 2,368 dengan taraf signifikansi 0,23 lebih kecil daripada 0,025 (0,23 < 0,025, maka Ho ditolak sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai serat wedhatama untuk meningkatkan sikap kepemimpinan peserta didik. Dengan demikian Model Pembelajaran sejarah berbasis Nilai-nilai Serat Wedhatama efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap kepemimpinan peserta didik. Kata Kunci: serat wedhatama, model pembelajaran sejarah, tembang macapat, nilai-nilai serat wedhatama, dan kepemimpinan ABSTRACT Nara Setya Wiratama. S861408036. 2016. Model Teaching History Based The Values Serat Wedhatama to Increase Leadership Attitude Students SMAN 1 Nganjuk. Thesis. First Counselor: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M. Hum. Second Counselor: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd. Master of History Education Study Program, Faculty of Education and Teacher Training. Surakarta Sebelas Maret University. Serat Wedhatama is one book of ancient Javanese are very popular among the Java community. The Serat contained in piwulang and piweling sublime that contains the concept of God, community and humanity. This values are very relevant in the capture and used in teaching history in senior high school, in particular the value of leadership. The purpose of this study were (1) describe the history learning model has been used by SMAN 1 Nganjuk; (2) describe the design of the development model based Learning History Serat Wedhatama values are applied to learners; (3) describe the ultimate form-based Learning Model Serat Wedhatama values. This study used methods of research and development. The method is used to produce a particular product, and test the effectiveness of the product. To be able to produce certain products that are then used research needs analysis and test the effectiveness of the product in order to function in society at large. Research and development phase there are ten steps. In accordance with the needs of researchers that ten steps simplified into three stages, namely a preliminary study, the development of learning models, and the evaluation phase (testing the effectiveness of the model). Research conducted at SMAN 1 Nganjuk, using class XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 3 as the control class. The experiment was conducted in odd semester of academic year 2015/2016. The results of testing the effectiveness of achievement (cognitive) showed that the ability of learners between the experimental class and control class have significant differences. It was shown that the results of T test with significance level of 0,906 is greater than 0.05 (0.906> 0.05). Then the class experimentation and control has the same variant with a mean competence are the same. T test for the assessment of the attitude that the value 2.368 with a significance level of 0.23 was smaller than 0.025 (0.23 <0.025, then Ho is rejected so mean before and after treatment of experimental classes is not the same. It means that there is a significant impact on the history of a values-based learning model -value serat wedhatama to improve the attitude of the leadership of learners. Learning Model based values Serat Wedhatama effective to improve the performance and attitude of the leadership of learners. Keywords: serat wedhatama, history teaching model, tembang macapat, serat wedhatama values, and leadership

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 11:01
    Last Modified: 18 May 2016 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26174

    Actions (login required)

    View Item