IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULU SUKOHARJO TAHUN 2015 / 2016

, MUSTIKA (2016) IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULU SUKOHARJO TAHUN 2015 / 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (119Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Mustika, 2016. IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULU SUKOHARJO TAHUN 2015 / 2016. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Leo Agung.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan : 1) Prestasi belajar pada mata Pelajaran IPS di mana siswa melakukan pembelajaran kooperatif dengan melakukan diskusi kelompok yang berdasarkan pada tingkat kemampuan, jenis kelamin dan asal Sekolah Dasar. 2). Implementasi model STAD diharapkan dapat meningkatkan karakter tanggung jawab karena dalam diskusi kelompok ini individu dituntut untuk dapat mencapai skor nilai tinggi. 3). Penggunaan model ini juga bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam belajar di kelas VII SMP Negeri 1 Bulu Sukoharjo. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus ( Siklus I, II dan III) dengan tahapan perencanaan , pelaksanaan , observasi , refleksi dan revisi. Subjek Penelitian siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bulu Sukoharjo tahun 2015 / 2016 dengan siswa sebanyak 32 Orang. Jenis data yang dipakai kualitatif, sumber data guru produktif dan dokumen perangkat pembelajaran. Sedangkan pengumpulan data dengan teknik pengamatan (observasi) dan tes. Guna mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi data dan model. Teknik analisis data prestasi dan karakter tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1). Implementasi model STAD selalu mengalami peningkatan dengan rerata skor aktivitas guru sebesar 2,50 pada siklus I, 2,86 pada siklus II dan 3,17 pada siklus III. 2). Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS setelah penggunaan model terdapat peningkatan prestasi belajar dengan rerata skor pada siklus I sebesar 2,46, siklus II sebesar 2,92 dan siklus III sebesar 3,23. Hasil akhir prestasi belajar IPS siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bulu Sukoharjo pada siklus III terdapat 87,50 % siswa memiliki nilai di atas KKM 75 atau kategori tuntas. 3). Sedangkan Karakter tanggung jawab yang dilakukan dengan pengisian angket dicapai hasil akhir pada siklus III sebesar 87,50 % yang tergolong tinggi dan sangat tinggi. Maka hasil penelitian sesuai dengan tujuan peningkatan prestasi belajar dan karakter tanggung jawab yaitu mencapai 85 %. Kata Kunci : Kooperatif Model STAD, Prestasi Belajar IPS, Karakter Tanggung jawab. ABSTRACT Mustika , 2016. IMPLEMENTATION OF THE LEARNING MODEL OF STAD IN SOCIAL LESSON TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT AND CHARACTER OF THE RESPONSIBILITY OF STUDENTS IN GRADE 7th SMP N 1 BULU SUKOHARJO YEAR 2015/2016. Theses. Supervisor 1: Prof Dr.Hermanu Joebagio, M.Pd. Supervisor II: Dr Leo Agung .S,M.Pd. History Education, Post Graduate Program, State University of March Surakarta. Classroom acation research (PTK) aims to know. 1) The learning achievement in social studies where students conduct cooperative learning with discussion groups based on level of ability, gender, and origin of primary school. 2) The implementation of STAD model is expected to enhance the character of the responsibility for the discussion of this groups individuals are required to be able to achieve the highest scores. 3) Useed this model also aims for increasing the activity of teachers and students in studying in the 7th grade SMP N 1 BULU Sukoharjo. Research conducted an PTK (Classroom Action Research), which consists of three cycles (I,II, and III with the stages of planning, implementation, observation, reflection and revision. The subjects of researching are students in grade 7th class A SMP N 1 BULU Sukoharjo with the total 32 peoples. The type of data used qualitative data sources are teacher productive and document learning device. While collecting data used observational techniques (observation) and tests. In order to determine the validity of data done by triangulation of data and models. The data analysis technique accomplishments and character of responsibilities. Based on the research results can be conclude: 1) implementation of the model STAD has always increased with a mean score of 2,50 teacher activity in cycle 1, 2,86 on the second cycle and 3,17 in the third cycle. 2) The activity of students in social lesson after using the model there are an increase in learning achievement with a mean score on cycle I at 2,46, the second cycle of 2.92 and the third cycle of 3,23. The end result graders learning achievement social lesson of Grade 7th class A SMP N 1 BULU Sukoharjo in the third cycle are 87.50% of the students had scores above 75 or categories standard completed. 3) While the character of the responsibilities carried out by filling the questionnaire reached the final result on the third cycle are 87.50% which is high and very high. Then the results according to goal of increasing student achievement and character of responsibility reaching 85%. Keywords : Model of cooperative STAD, social studies achievement, character responsibility.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 10:55
    Last Modified: 18 May 2016 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26170

    Actions (login required)

    View Item