STUDI KOMPARASI ANTARA PENGAJARAN STAD DAN JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SEMESTER II SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005

Syafi'i, Muchammad (2005) STUDI KOMPARASI ANTARA PENGAJARAN STAD DAN JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SEMESTER II SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (184Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muchammad Syafi’i. STUDI KOMPARASI ANTARA PENGAJARAN STAD DAN JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SEMESTER II SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Agustus 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hukum Dasar Kimia yang diajar dengan menggunakan metode Jigsaw dan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan rancangan penelitian Randimized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah siswa SMA AL-ISLAM 1 Surakarta kelas X tahun pelajaran 2004 / 2005 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-6 sebagai eksperimen I (metode STAD) dan kelas X-7 sebagai eksperimen II (metode Jigsaw). Data utama prestasi belajar siswa diperoleh dengan tes obyektif dan tes uraian. Instrumen penelitian berupa butir-butir soal yang sudah dianalisis taraf kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitasnya. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pihak kanan dengan taraf signifikasi 0,05. sebagai persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hukum Dasar Kimia yang diajar dengan metode Jigsaw dan STAD. Prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Jigsaw lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode STAD. Hal ini dapat dilihat dari tabel hasil uji-t pihak kanan bahwa untuk ranah kognitif harga t hitung > t tabel, yaitu 2,3591 > 1,66; ranah afektif harga t hitung > t tabel, yaitu 2,7271 > 1,66 dan ranah psikomotor harga t hitung > t tabel, yaitu 4,0376 > 1,66

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Users 833 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 18:17
    Last Modified: 12 Jul 2013 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2617

    Actions (login required)

    View Item