pembelajaran ips dengan pendekatan saintifik di smp negeri 1 sukoharjo

SARAGIH, MARIA SONTI (2016) pembelajaran ips dengan pendekatan saintifik di smp negeri 1 sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (860Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Maria Sonti Saragih.NIM:S861408029. 2014. Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 1 Sukoharjo.TESIS Pembimbing I: Prof. Dr. Warto, M.Hum. Pembimbing II: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd: Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Sukoharjo; (2) mendeskripsikan proses pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Sukoharjo; (3) mendeskripsikan penilaian atau evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Sukoharjo; (4) mendeskripsikan kendala atau hambatan pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari informan, tempat dan peristiwa, arsip. Teknik penggumpulan data dilakukan melalui: wawancara mendalam, observasi, studi dokumen/arsip, teknik cuplikan (sampling). Validasi data dilakukan melalui trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan yakni reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru telah menyusun RPP dengan pendekatan saintifik yang dilaksanakan secara mandiri oleh guru melalui koordinasi MGMP; (2) proses pelaksanaan pembelajaran IPS dilaksanakan dengan pendekatan saintifik melalui observasi, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan menarik kesimpulan yang didukung oleh tiga teori belajar yaitu teori belajar Brunner, teori belajar Piaget dan teori belajar Vygotsky. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang relevan dengan pendekatan saintifik, dan mendapat tanggapan positif dari guru dan peserta didik, sehingga berdampak positif terhadap pembelajaran yang bersifat student center; (3) teknik penilaian pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik yaitu tes dan non tes yang meliputi aspek kognitif yang dinilai melalui tes, aspek afektif dan psikomotorik dinilai melalui observasi yang dikaitkan dengan sistem penilaian saintifik yang meliputi penilain KI-1 (spiritual) dan KI-2 (sosial) yang dinilai melalui observasi, KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) yang dinilai melalui pengamatan dan tes: (4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik adalah minimnya sumber belajar, minimnya pemahaman guru tentang pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik, ketidaksesuaian antara silabus dengan buku siswa. Kata kunci: Pembelajaran IPS, Pendekatan Saintifik, SMP Negeri 1 Sukoharjo.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 10:23
    Last Modified: 18 May 2016 10:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26167

    Actions (login required)

    View Item