PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI TRADISI KIRAB KEBO 1 SURO UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO

F, MARCHELA SIWI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI TRADISI KIRAB KEBO 1 SURO UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (700Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Marchela Siwi Fajarwati. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI TRADISI KIRAB KEBO 1 SURO UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 2) Mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo, 3) Menguji efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi kirab kebo 1 Suro untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal siswa SMK Negeri di Kabupaten Sukoharjo Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian, yaitu 1) Tahap penelitian pendahuluan, terdapat eksplorasi yang menyangkut kegiatan studi lapangan dan studi kepustakaan untuk menetapkan tujuan sehingga selanjutnya dilakukan penyusunan draf ( propotype ) berdasarkan permasalahan, kebutuhan guru dan siswa. Temuan selanjutnya didiskusikan dengan guru, 2) Tahap pengembangan, dalam tahap ini hasil temuan yang telah didiskusikan dengan guru maka selanjutnya penyusunan propotype bahan ajar yang kemudian dilakukan beberapa hal, yaitu : (a) Expert juggement ( koreksi oleh tim ahli ), (b) Uji terbatas dan perbaikan ( uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar ), dan (c) Uji luas dan perbaikan draf awal sebagai validasi hingga propotype dinyatakan layak dan siap diekperimenkan pada tahap selanjutnya. 3) Tahap uji keefektifan dengan melakukan eksperimen untuk menguji keefektifan propotype yang disusun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak di SMK Negeri 3 Sukoharjo dan SMK Negeri 6 Sukoharjo. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t Pernyataan tersebut dibuktikan berdasarkanan analisis menggunakan uji t. Dari hasil uji t 2,2 > 1,96 = t tabel maka ditarik keputusan uji H0 ditolak dan itu artinya dua kelompok memiliki sikap ketahanan budaya lokal yang tidak sama. Uraian tersebut membuktikan bahwa produk media pembelajaran sejarah menggunakan audiovisual yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tradisi Kirab Kebo 1 Sura, dan Ketahanan Budaya Lokal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 10:18
    Last Modified: 18 May 2016 10:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26166

    Actions (login required)

    View Item