PELAYANAN KESEHATAN KERJA SEBAGAI UPAYA MENJAGA DAN MENINGKATKAN DERAJATKESEHATAN TENAGA KERJA DIPT PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR

Yolando, Noviana Dini and Suriyasa, Putu and Wijayanti, Reni (2011) PELAYANAN KESEHATAN KERJA SEBAGAI UPAYA MENJAGA DAN MENINGKATKAN DERAJATKESEHATAN TENAGA KERJA DIPT PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (273Kb)

    Abstract

    Wijayanti3Tujuan : Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui program pelayanan kesehatan kerja. Kerangka Pemikiran : Lingkungan kerja dapat menimbulkan gangguan kesehatan baik penyakit umum, penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja. Oleh karena itu perlu dilaksanakan usaha penaggulangan berupa pelayanan kesehatan baik melalui program Promotif, Preventif, Kuratif, maupun Rehabilitatif agar tenaga kerja selalu dalam keadaan sehat dan selamat. Hasil : Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan PT Petrokimia Gresik meliputi program promotif yang meliputi :Penyuluhan umum, Cookingclass,Senam sehat, program preventif yang meliputi : Medical checkup Treademill, Pemeriksaan laboratorium, program kuratif yang meliputi pembiayaan karyawan dan keluarga karyawan yang rawat inap, dan program rehabilitatif yang meliputi pembiayaan karyawan selama masa pemulihan setelah sakit. Program promotif dan preventif di PT Petrokimia gresik dikelola oleh Departemen Lingkungan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan karyawan, pemeriksaan lingkungan kerja, pengadaan pelatihan umum dan pelatihan PPPK, penyediaan APD (Alat Pelindung Diri), Pengelolaan Gizi Kerja, penyediaan kotak P3K, pengadaan safety shower, melaksanakan program managed care, pencegahan PAK (Penyakit Akibat Kerja) dan kecelakaan kerja. Sedangkan program kuratif dan rehabilitatif dikelola oleh Departemen Personalia yang kegiatannya meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja, memberikan fasilitas pelayanan kesehatan seperti poliklinik, tenaga medis, dan lain sebagainya. Simpulan : Dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan kerja sudah memenuhi permenakar RI No. 03/MEN/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja, akan tetapi sebaiknya perlu disediakan kantin atau ruang makan yang dipantau sanitasinya agar kebutuhan gizi karyawan dapat dipantau dengan baik dan memenuhi nilai indeks kalori yang dianjurkan. Kata kunci : Pelayanan Kesehatan Kerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QP Physiology
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 12 Jul 2013 18:20
    Last Modified: 12 Jul 2013 18:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2616

    Actions (login required)

    View Item