STUDI KARAKTERISTIK PARKIR ON STREET KENDARAAN RODA EMPAT PADA JALAN HONGGOWONGSO KAWASAN SAMI LUWES SURAKARTA

TRISNAWATI, AGUSTIEN DYAH (2016) STUDI KARAKTERISTIK PARKIR ON STREET KENDARAAN RODA EMPAT PADA JALAN HONGGOWONGSO KAWASAN SAMI LUWES SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (544Kb) | Preview

    Abstract

    Jalan Honggowongso merupakan satu kawasan kompleks yang padat karena terdapat pertokoan, swalayan, sekolah dan beberapa tempat makan. Pada kawasan ini terdapat ruas jalan terpadat sehingga sering kali menimbulkan kemacetan. Ruas tersebut adalah ruas Jalan Honggowongso dari perempatan Sami Luwes sampai pertigaan Jalan Kebangkitan Nasional. Kemacetan pada ruas ini dikarenakan terdapat Swalayan Sami Luwes yang tidak memberikan fasilitas ruang parkir bagi kendaraan roda empat di dalam area gedung, selain itu terdapat pertokoan maupun tempat makan yang cukup ramai pengunjung, hal inilah yang mengakibatkan penggunaan parkir pada bahu jalan (on street) untuk memenuhi kebutuhan parkir kendaraan roda empat yang ada. Kondisi tersebut dapat ditunjukan dengan analisa karakteristik, persentase penggunaan dan pendapatan parkir. Kendaraan yang diteliti adalah kendaraan roda empat yang parkir pada Jalan Honggowongso Kawasan Sami Luwes. Metode analisa yang digunakan adalah metode simulasi, dengan data primer yang diperoleh dengan cara survei di lapangan. Survei dilakukan hari Sabtu dan Minggu pada jam sibuk pukul 11.00-17.00 WIB. Sedangkan data sekunder sebagai data pendukung diperoleh dari UPTD. Perparkiran Kota Surakarta. Parameter yang digunakan untuk menentukan persentase penggunaan parkir adalah dari nilai maksimal akumulasi parkir dibandingkan dengan jumlah petak parkir yang tersedia. Karakteristik parkir on street kendaraan roda empat pada Jalan Honggowongso Kawasan Swalayan Sami Luwes adalah sebagai berikut akumulasi maksimal sebesar 58 kendaraan, durasi rata-rata parkir kendaraan sebesar 38 menit, volume parkir 348 kendaraan/hari, tingkat pergantian parkir 0,725 kend./petak/jam dan indeks parkir maksimal sebesar 72,50%. Persentase penggunaan parkir maksimal pada survei lapangan sebesar 72,50% sedangkan hasil metode simulasi sebesar 50%, hasil yang menyatakan <100% ini mengindikasikan bahwa kapasitas parkir yang ada masih mencukupi kebutuhan parkir, dan untuk pendapatan parkir di kawasan tersebut sebesar Rp.764.000,-/hari. Kata Kunci : Karakteristik, Metode Simulasi, Persentase Penggunaan Parkir, Pendapatan Parkir

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 May 2016 21:06
    Last Modified: 17 May 2016 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26146

    Actions (login required)

    View Item