ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR PETANI SEBAGAI INDIKATOR KESEJAHTERAAN PETANI PADI DI KABUPATEN SRAGEN

ROMDHONI FAJRI, MOHAMMAD (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR PETANI SEBAGAI INDIKATOR KESEJAHTERAAN PETANI PADI DI KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (45Kb) | Preview

    Abstract

    Pembangunan sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Peningkatan kesejahteraan petani menjadi tujuan utama dari pembangunan pertanian. Salah satu alat ukur daya beli petani yang mencerminkan tingkat kesejahteraan petani, telah dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan diformulasikan dalam bentuk Nilai Tukar Petani (NTP). Identifikasi faktor-faktor penentu nilai tukar petani akan sangat berguna bagi perencanaan kebijakan pembangunan, perbaikan program-program pembangunan dan evaluasi menyeluruh pada kebijakan pertanian ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesejahteraan petani padi di Kabupaten Sragen dihitung dari nilai tukar petani dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Nilai Tukar Petani sebagai indikator kesejahteraan petani padi di Kabupaten Sragen. Metode dasar yang digunakan metode deskriptif analitis dengan teknik survei. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan metode simple random sampling sebanyak 34 petani. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis penghitungan nilai tukar petani dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar petani dengan regresi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tukar petani padi di Kabupaten Sragen adalah sebesar 175,28%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata petani padi di Kabupaten Sragen mengalami surplus penerimaan dari usahatani padi. Kondisi kesejahteraan petani di Kabupaten Sragen pada tahun 2015 dalam keadaan sejahtera. Berdasarkan hasil uji t, faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar petani padi di Kabupaten Sragen yaitu produktivitas padi, luas lahan, harga gabah, biaya pupuk dan pengeluaran non pangan rumah tangga petani. Faktor-faktor lain yaitu usia, pendidikan, jumlah anggota keluarga petani, harga benih, biaya pestisida, biaya tenaga kerja dan pengeluaran pangan rumah tangga petani tidak berpengaruh secara individu terhadap nilai tukar petani padi di Kabupaten Sragen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa untuk peningkatkan kesejahteraan petani dapat dilakukan dengan memaksimalkan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar petani seperti meningkatkan produktivitas padi dengan mencukupi sarana dan prasarana produksi pertanian, perbaikan infrastruktur jalan usahatani dan irigasi guna menghadapi musim kemarau panjang, mengoptimalkan luas lahan yang tersedia dengan intensifikasi pertanian dan meminimalisir adanya fragmentasi lahan serta peraturan yang lebih ketat dari pemerintah tentang alih fungsi lahan pertanian yang masih produktifmeninjau ulang kebijakan impor beras serta koordinasi sinergi antar stakeholder di bidang Pertanian dalam upaya swasembada padi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 16 May 2016 19:27
    Last Modified: 16 May 2016 19:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26139

    Actions (login required)

    View Item