BLACK SQUID “BS” INOVASI WIRAUSAHA KULINER UNTUK MELAWAN SEL KANKER DAN TUMOR

Rizkiyanto, Satriya and Almasuun, Ibnu Khamdan and Khamdan , Ibnu and Khoirunnisak, Dewi and Aprilliani, Endah (2016) BLACK SQUID “BS” INOVASI WIRAUSAHA KULINER UNTUK MELAWAN SEL KANKER DAN TUMOR. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (25Kb) | Preview

    Abstract

    Menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, lautan Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu hasil hayati yang banyak didapat di laut Indonesia adalah cumi- cumi. Cumi-cumi merupakan salah satu komoditas pangan yang mengandung nilai gizi tinggi. Daging cumicumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial seperti leusin, lisin, dan fenilalanin yang diperlukan oleh tubuh. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan CellsNew dan Handong University’s School of Ocean Sciences kandungan tinta hitam cumi ditemukan dapat membantu melawan sel-sel kanker dan tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru. Jika melihat data Kemenkes tahun 2012 yang menyebutkan prevalensi kanker di indonesia mencapai 4,3 banding 1.000 orang, tinta hitam cumi-cumi akan sangat berguna sebagai alternative pencegahan sel-sel kanker dan tumor di Indonesia. Melihat potensi besar yang dimiliki cumi-cumi maka muncullah ide untuk memasarkan cumi-cumi sebagai sajian kuliner yang dapat membantu melawan sel-sel kanker dan tumor di wilayah kampus UNS. Dengan brand BLACK SQUID “BS” kami miliki menu diantaranya adalah cumi item, cumi ring, cumi bakar, dan kebab cumi. Semua menu tersebut kami sajikan dengan tinta cumi guna mencapai tujuan membuat masakan yang dapat membantu melawan sel-sel kanker dan tumor. Mengingat cumi-cumi mengandung kolesterol cukup tinggi kami juga menyediakan minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh diantaranya Ice Lemon Squash dan Es Barteh. Kegiatan usaha BLACK SQUID “BS” kami targetkan selama lima bulan. Kegiatan usaha kami mulai dengan observasi lapangan pada bulan pertama, pengenalan produk pada bulan kedua, dan pemasaran pada bulan ketiga sampai kelima. Untuk menjaga kepuasan pelanggan kami senantiasa melakukan evaluasi dengan cara menjaga citarasa dan kepuasan pelayanan terhadap konsumen. Manfaat kegiatan ini sendiri yaitu menumbuh kembangkan kreatifitas yang inovatif dan dapat diterima masyarakat umum, menumbuhkan dan melatih jiwa enterpreneurship dalam diri mahasiswa, suatu bentuk bisnis sebagai contoh pengembangan kewirausahaan mahasiswa yang kreatif dan inovatif, dan dapat menciptakan lapangan kerja baru di bidang kuliner olahan hasil laut. Target khusus untuk kegiatan ini adalah sebagai sarana aplikasi jiwa enterpreneurship mahasiswa yang nantinya mampu menciptakan lapangan kerja baru, dan sebagai sarana kepedulian melawan penyakit kanker dan tumor.

    Item Type: Other
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 16 May 2016 18:30
    Last Modified: 16 May 2016 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26135

    Actions (login required)

    View Item