INISIASI WIRAUSAHA MAHASISWA MANDIRI “BENGKEL MOBILE SERVICE” UNTUK MELAYANI LINGKUNGAN KAMPUS

VIANDI, EVAN SATYA SEPTA and NUR, AKBAR AULIA and KHOLIFAH, SITI (2016) INISIASI WIRAUSAHA MAHASISWA MANDIRI “BENGKEL MOBILE SERVICE” UNTUK MELAYANI LINGKUNGAN KAMPUS. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1219Kb) | Preview

    Abstract

    Sebagian besar orang terutama mahasiswa dan mahasiswi menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Sepeda motor memerlukan perawatan rutin agar tetap nyaman dan aman dikendarai. Namun karena kesibukan kuliah, sebagian besar mahasisswa tidak punya cukup waktu untuk membawa motor mereka ke bengkel. Selain itu sering kali ruang tunggu bengkel tidak nyaman untuk menunggu ketika servis dan antri. Hal ini membuat mereka malas membawa motornya ke bengkel. Ini akan berdampak pada motor yang kurang terawat sehingga kurang nyaman dan dapat menganggu aktivitas rutin mereka. Selain itu sebagian besar pengendara motor perempuan atau mahasiswi sering kali tidak tahu menahu mengenai perawatan motor, bahkan mereka tidak peduli dan canggung membawa motor mereka ke bengkel dengan alasan yang hampir sama. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka perlu adanya bengkel yang memenuhi kebutuhan mereka, bengkel yang tidak perlu antri, waktu servis yang disesuaikan dengan kesibukan pelanggan, waktu ketika menunggu servis bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelanggan dan bahkan mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Untuk itu kami menawarkan jasa bengkel motor panggilan yang memenuhi kebutuhan mereka. Pelanggan cukup menelepon atau sms untuk mendapatkan jasa kami. Mereka tinggal menyebutkan tempat dan waktu yang diinginkan. kami akan mendatangi mereka dengan peralatan servis yang lengkap. Kami akan mempersiapkan peralatan tersebut pada rak yang kami desain untuk ditempatkan di belakang motor pelayanan servis mobile kami. Selain pelayanan tersebut kami akan bertanggung jawab membantu servis rutin motor pelanggan kami. Kami akan mengingatkan pelanggan untuk servis dan ganti oli periode berikutnya, dengan cara memberikan kartu pelanggan dan sms setelah mendapatkan data pelanggan yang akan kami tanyakan di saat mereka pertama menggunakan jasa kami. Hal ini merupakan salah satu cara kami agar mendapatkan pelanggan tetap demi keberlanjutan usaha kami kedepan, selain terus berpromosi tentunya. Untuk tahap awal, sasaran pasar kami adalah kawasan sekitar kampus UNS dan ISI Surakarta dengan radius 10 km untuk menghemat ongkos perjalanan ke tempat pelanggan. Jadi kami dapat mematok harga jasa yang bersaing dengan bengkel konvensional lain. Dengan cara ini maka pelanggan akan mendapat keuntungan waktu yang lebih efisien. Ketika usaha sudah berkembang maka, kami akan membuka cabang di wilayah kampus lain yang memiliki potensi pasar yang menarik.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 16 May 2016 18:00
    Last Modified: 16 May 2016 18:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26131

    Actions (login required)

    View Item