Analisis Pengaruh Insentif Manajemen Pajak dan Manajemen Laba terhadap Abnormal Book-Tax Differences dengan Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi

Iskak, Maulana (2016) Analisis Pengaruh Insentif Manajemen Pajak dan Manajemen Laba terhadap Abnormal Book-Tax Differences dengan Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (567Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif manajemen pajak dan manajemen laba terhadap abnormal book tax differences dengan corporate governance sebagai variabel pemoderasi. Insentif manajemen pajak terdiri dari kompensasi direksi dan kepemilikan saham direksi. Insentif manajemen laba terdiri dari seasoned equity offerings dan kerugian. Corporate governance terdiri dari proporsi komisaris independen, jumlah komite audit dan kualitas audit. Sampel penelitian ini menggunakan 283 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 hingga 2014. Sampel penelitian tersebut diambil dengan metode purposive sampling. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa kepemilikan saham direksi dan kerugian berpengaruh positif terhadap abnormal book tax differences. Kompensasi direksi dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap abnormal book tax differences. Seasoned equity offerings, proporsi komisaris independen dan jumlah komite audit tidak berpengaruh. Selain itu, kualitas audit terbukti tidak dapat menurunkan pengaruh insentif manajemen pajak dan manajemen laba terhadap abnormal book tax differences akan tetapi justru cenderung menaikkan, sedangkan jumlah komite audit hanya mempengaruhi secara lemah dan proporsi komisaris independen tidak terbukti dapat mempengaruhi. Kata Kunci: abnormal book tax differences, manajemen pajak, manajemen laba, corporate governance.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: eky putri
    Date Deposited: 16 May 2016 17:25
    Last Modified: 16 May 2016 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26127

    Actions (login required)

    View Item