“BAKAR ROMAH”, BANTAL LUKIS KARIKATUR BERAROMA BUAH

Kusumaningrum, Agatha Prastika and Triana, Dian Lellis and Anesati, Ajeng Runi and Shafira, Novia (2016) “BAKAR ROMAH”, BANTAL LUKIS KARIKATUR BERAROMA BUAH. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1253Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan kemajuan teknologi, kreativitas anak-anak muda semakin hari semakin meningkat, hanya saja kurang dikomersialkan ke masyarakat umum, padahal sangat disayangkan jika karya kreatif mereka hanya menjadi sebuah karya saja tanpa ada apresiasi. Padahal karya tersebut bukan hanya bernilai seni melainkan juga dapat menjadi sesuatu yang bernilai rupiah. Untuk itu penulis mencoba menuangkan karya seni dalam bentuk media berupa bantal karikatur yang benar-benar hasil karya buah tangan sehingga masyarakat dapat melihat dan mengapresiasikan hasil karya seni. Selain itu bantal berkarikatur tersebut diinovasikan dengan pemberian aroma buah dengan tujuan menjadi daya tarik tersendiri. Aroma buah dipercaya mampu merileksasikan pikiran dan membuat istirahat semakin berkualitas. Selain itu aroma buah yang bisa dirasakan para konsumen memberikan kenyamanan dalam penggunaan bantal, baik digunakan saat tidur atau dimanfaatkan sebagai souvenir, penghias rumah ataupun kamar sehingga ruangan lebih menarik. Berdasarkan dari gagasan itulah, kami membuat “Bakar Romah”, sebagai salah satu usaha inovatif kreatif mahasiswa. Kegiatan usaha kami ini dimulai dengan persiapan alat dan bahan serta penerimaan pesanan produk pada minggu pertama, pengerjaan produk pada minggu pertama sampai ketiga, dan pengiriman produk kepada konsumen pada minggu keempat setiap bulannya. Untuk menjaga kepuasan konsumen dan kualitas bantal yang dihasilkan, kami senantiasa melakukan evaluasi dengan cara selalu menjaga kualitas, kuantitas, dan pelayanan terhadap konsumen. Dalam memasarkan dan menawarkan “Bakar Romah” ini penulis memanfaatkan teknologi yang semakin hari semakin berkembang yakni media sosial berbasis internet sebagai penunjang usaha, sehingga mudah diakses dan dapat dipesan sesuai selera konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya kota-kota besar yang menjadi sasaran usaha kami. Pemasaran dengan menggunakan media sosial juga bertujuan untuk mengurangi biaya modal investasi. Selain melatih jiwa entrepreneurship dalam diri mahasiswa, manfaat kegiatan ini juga untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam menginovasi produk yang monoton di pasaran menjadi produk yang menarik. Produk yang kami hasilkan bermanfaat bagi masyarakat yang mayoritas sibuk dengan pekerjaannya dan tidak memiliki waktu untuk merileksasikan pikiran . Hal ini karena dengan menggunakan “Bakar Romah” konsumen dapat menghemat waktu dan uang untuk merileksasikan pikiran, tanpa harus repot mengunjungi tempat relaksasi.

    Item Type: Other
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 16 May 2016 16:24
    Last Modified: 16 May 2016 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26124

    Actions (login required)

    View Item