APLIKASI KATALIS ALAM BENTONIT BOYOLALI UNTUK MENINGKATKAN PEROLEHAN FRAKSI BENSIN PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN BAKAR MINYAK DARI SAMPAH PLASTIK

Efendi, Tomi Wijanarko and Lusmono, T. Bagus Tri and Murtadho, Ahmad and Fadheil, Muhammad (2016) APLIKASI KATALIS ALAM BENTONIT BOYOLALI UNTUK MENINGKATKAN PEROLEHAN FRAKSI BENSIN PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN BAKAR MINYAK DARI SAMPAH PLASTIK. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (22Kb) | Preview

    Abstract

    Dewasa ini, penggunaan plastik mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Penggunaan plastik dapat ditemui pada kehidupan sehari-hari, contohnya pada kemasan untuk makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga. Limbah plastik merupakan salah satu limbah yang sulit terdegradasi secara natural. Akibatnya jumlah sampah plastik semakin meningkat dan menimbulkan permasalahan bagi lingkungan yang cukup serius. Salah satu cara pemanfaatan sampah plastik yang cukup potensial adalah merubah menjadi bahan bakar melalui dekomposisi thermal (Ahmed dan Gupta, 2009; Siddiqui, 2009; Paradela dkk, 2009) maupun secara katalitis (Miskolczi dkk, 2009; de Marco dkk, 2009). Dekomposisi secara katalitis memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan dekomposisi secara thermal yaitu dekomposisi berlangsung pada suhu yang lebih rendah dan produk yang dihasilkan merupakan hidrokarbon dengan kandungan terbesar fraksi bahan bakar bensin dan tidak diperlukan upgrading untuk produk yang dihasilkan. Sejauh ini katalis yang digunakan untuk proses dekomposisi katalitis sampah plastik menjadi bahan bakar cair adalah katalis berbasis zeolite (de la Puente dan Sedran, 1998; Serrano dkk, 2000; Manos dkk, 2001; Miskolczi dkk, 2009; de Marco dkk, 2009; Elordi dkk, 2009). Katalis berbahan dasar silika ini memiliki kelemahan yaitu struktur pori adalah mikropori dan distribusi ukuran porinya sempit disamping itu memiliki sifat asam yang kuat. Bentonit merupakan salah satu alternatif katalis alam yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan katalis untuk proses dekomposisi katalitis sampah plastik menjadi bahan bakar cair. Sementara itu bentonit adalah material yang mempunyai pori-pori besar dan kandungan keasamannya kecil. Hal tersebut prospektif untuk menjadikan bentonit sebagai katalis pengganti zeolite. Polimer besar seperti minyak bumi dan plastik polipropilena akan lebih banyak berdifusi ke dalam pori bentonit yang besar. Sehingga proses dekomposisi menjadi lebih optimal. Proses dekomposisi yang baik pada material dengan keasaman rendah diharapkan memberikan hasil fraksi gas sedikit dan fraksi cair banyak. Pada penelitian ini percobaan dilakukan dengan membuat bahan bakar cair dari sampah plastik dengan menggunakan metode dekomposisi secara katalitis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan bentonit sebagai katalis dalam proses dekomposisi sampah plastik sebagai bahan cair serta mengetahui perbandingan dan identifikasi produk cair hasil dekomposisi sampah plastik dengan menggunakan katalis bentonit dan tanpa menggunakan katalis.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia
    Depositing User: satria mahendra
    Date Deposited: 16 May 2016 16:18
    Last Modified: 16 May 2016 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26123

    Actions (login required)

    View Item