UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN PENDEKATAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

HARYANTO, AGUS TRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN PENDEKATAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (305Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui pendekatan modifikasi bola pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Al –Islam tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 yang terdiridari 23 putri dan 15 putra. Sumber data berasal dari guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data.Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan kenaikan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pendekatan pembelajaran modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, siswa yang tuntas belajar passing bawah bolavoli sebanyak 15 siswa (31,58%). Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 siswa (63,16%). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 33 siswa (86,84%). Pembelajaran dengan pendekatan modifikasi bola memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli. Pembelajaran passing bawah dengan menggunakan bola modifikasi mampu membangkitkan semangat belajar siswa sehingga lebih aktif, dan senang. Simpulan penelitian ini adalah, pendekatan pembelajaran dengan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI IPA I SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Passing Bawah Bolavoli, Pendekatan Modifikasi Bola

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: dina m
    Date Deposited: 17 May 2016 09:13
    Last Modified: 17 May 2016 09:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26120

    Actions (login required)

    View Item