Vegelate (Vegetable Chocolate) Sebagai Kreasi Produk Cemilan yang Sehat & Berserat

Fatimah, Siti and Shinta, Choiria and Wulansari, Novi and Suryaningtias, Riskita and Khotimah, Nurul (2016) Vegelate (Vegetable Chocolate) Sebagai Kreasi Produk Cemilan yang Sehat & Berserat. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (202Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (2007) membuktikan 93% orang Indonesia tidak suka mengonsumsi sayuran, terutama masyarakat Surakarta. Surakarta merupakan Kota Madya yang dibagian sebelah timur dekat dengan pegunungan Lawu sehingga pemasaran sayuran yang ada di Surakarta tergolong mudah, namun kebanyakan masyarakat susah untuk mengonsumsi sayuran. Sayuran yang kurang diminati oleh masyarakat berbanding terbalik dengan permintaan yang tinggi terhadap coklat. Permintaan coklat yang tinggi di masyarakat selaras dengan khasiat yang dimilikinya karena memiliki kandungan zat kimia flavanols dengan fungsi sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah dan melawan kanker, menurunkan tekanan darah, memperlambat penuan dini, dan menghilangkan stres. Kandungan gizi yang dimiliki coklat, diantaranya: 49% flavanols, 9% protein, 11% karbohidrat, dan 31% lemak. Coklat yang ditawarkan di pasaran tidak semua bernilai sehat, sehingga hanya diminati oleh anak-anak dan remaja. Berdasar permasalahan ini, pengolahan inovasi kombinasi sayuran dan coklat menjadi produk olahan coklat yang kaya vitamin dan gizi dengan nama “Vegelate (Vegetable Chocholate)” di Surakarta. Vegelate akan mampu bersaing dengan coklat lain di pasaran, karena komposisi yang terdiri dari sayuran dan coklat menjadikan Vegelate menjadi produk olahan coklat kepercayaan semua kalangan masyarakat tanpa harus kawatir dengan efek sampingnya. Tujuan dari pengolahan Vegetable, yaitu untuk meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomis sayuran sehingga menciptakan peluang usaha yang prospektif, memanfaatkan sayuran sebagai produk tambahan pada pembuatan coklat sehingga dapat berguna sebagai makanan alternatif kesehatan dan meningkatkan peluang usaha yang dapat menumbuhkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan. Metode pelaksanaan yang dilakukan meliputi persiapan peralatan, persiapan bahan baku, persiapan, proses produksi yang memperhatikan cita rasa khas dan mutu produk vegelate, pemasaran di tempat-tempat strategis, dan promosi melalui media online maupun media cetak. Harapannya dengan adanya vegelate yang berpotensi besar di pasar dapat memberikan kepercayaan terhadap masyarakat luas bahwa sayuran dapat disajikan dalam produk inovasi coklat.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 16 May 2016 12:52
    Last Modified: 16 May 2016 12:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26119

    Actions (login required)

    View Item