AKAR BERAKSI (AREM-AREM BAKAR BERAS MERAH ANEKA ISI) SEBAGAI MENU SARAPAN PRAKTIS DAN SEHAT BERBASIS ECO GREEN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS GIZI MASYARAKAT INDONESIA

Rahmawati, and Isnaini, Mutmainnah and Widyawati, Nur Aini and Kusumawati, Evi and Kasita, Aldila Cinantya (2016) AKAR BERAKSI (AREM-AREM BAKAR BERAS MERAH ANEKA ISI) SEBAGAI MENU SARAPAN PRAKTIS DAN SEHAT BERBASIS ECO GREEN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS GIZI MASYARAKAT INDONESIA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (179Kb) | Preview

    Abstract

    Berbicara mengenai makanan, pengemasan adalah salah satu hal yang sangat penting karena berkaitan langsung dengan keamanan produk. Adanya konsep go green yang sekarang ini diusung masyarakat dunia, menciptakan banyak produk yang dibuat dengan konsep eco friendly (ramah lingkungan) tak ketinggalan juga dengan produk kemasan yang banyak bermunculan dengan konsep ini. Dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsep tersebut disebut ecogreen. Ecogreen merupakan kegiatan ekonomi yang berbasis pada lingkungan. Ecogreen adalah perekonomian yang rendah karbon (tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan), hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial. Dalam hal ini kami ikut serta dalam kegiatan ecogreen melalui produk makanan yaitu disebut ecogreen food. Oleh karena itu dalam konsep ini kami menggunakan kemasan berbahan baku berupa daun pisang, yang sehat, aman, dan tidak berbahaya. Kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan yang kami olah tetap terjaga kualitasnya, karena tidak memakai pengawet dan penyedap rasa ataupun bahan kimia lainnya sehingga tidak mengurangi nilai gizi dan cita rasanya. “Akar Beraksi” merupakan sajian berbungkus daun pisang berbalut telur ayam berbahan utama nasi merah aron dengan berbagai isian yang kemudian dibakar sehingga menghasilkan aroma khas yang sedap. Isian tersebut berupa rendang, tongseng ayam, dan juga balado tongkol. Kami menyediakan berbagai varian isian dengan tujuan agar para konsumen tidak merasa bosan. Sehingga dengan adanya produk “Akar Beraksi” ini diharapkan dapat membudayakan sarapan di kalangan masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya karena produk “Akar Beraksi” merupakan makanan yang praktis dengan aneka isian, terjangkau, ramah lingkungan, dan tentunya sehat. Selain itu kami juga berharap dengan adanya produk “Akar Beraksi” ini dapat meningkatkan eksistensi makanan tradisional serta mengurangi konsumsi masyarakat terhadap junkfood.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Pertanian
    Depositing User: anggra prasasti
    Date Deposited: 16 May 2016 12:40
    Last Modified: 16 May 2016 12:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26116

    Actions (login required)

    View Item