HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN ORIENTASI PASCA LULUS DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An – Nur Purwodadi)

Fitriani, (2010) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN ORIENTASI PASCA LULUS DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An – Nur Purwodadi). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (598Kb)

    Abstract

    Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, 2) hubungan orientasi pasca lulus dengan prestasi belajar mahasiswa, 3) hubungan secara bersama – sama antara motivasi belajar dan orientasi pasca lulus dengan prestasi belajar. perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user 12 Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2010. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D – III Keperawatan STIKES An – Nur Purwodadi. Sampel diambil dengan tehnik purposive random sampling pada mahasiswa tingkat II yang berjumlah 74 dan tingkat III sejumlah 45 orang. Dalam penelitian ini variabel dependen adalah motivasi dan orientasi pasca lulus sedangkan variabel independen adalah prestasi belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, kemudian analisa dilakukan dengan menggunakan uji korelasi ganda. Analisa : Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar karena diperoleh r hitung 0,297> r tabel 0,02 (ρ= 0.000), 2) ada hubungan yang signifikan antara orientasi pasca lulus dengan prestasi belajar dengan r hitung 0,264 > r tabel 0,02( p = 0.000 ), 3) ada hubungan motivasi dan orientasi pasca lulus dengan prestasi belajar dengan nilai F hitung 77,60 > F tabel 3,09. Hasil : Dengan melihat hasil tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa di tempat penelitian didapatkan bahwa mahasiswa dengan motivasi belajar sedang serta berorientasi untuk melanjutkan memiliki prestasi yang juga. Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah serta berorientasi untuk bekerja, prestasinya juga rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat mahasiswa untuk belajar tentang teori dikelas. Bagi institusi pendidikan, sebaiknya meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan cara memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, melengkapi sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memadai. Kata Kunci : Motivasi, Orientasi Pasca Lulus, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 18:14
    Last Modified: 13 Jul 2013 17:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2605

    Actions (login required)

    View Item