pengembangan multimedia pembelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada program studi pendidikan ekonomi FKIP universitas Lampung

NATA, MADA ANGGA DWI (2016) pengembangan multimedia pembelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada program studi pendidikan ekonomi FKIP universitas Lampung. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (556Kb) | Preview

    Abstract

    Mada Angga Dwi Nata. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung. TESIS. Pembimbing: Prof.Dr.Baedhowi, M.Si. Kopembimbing : Dr. Djoko Santoso Th, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan pengembangan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa mata kuliah kewirausahaan pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lampung dan (2) Mengetahui keefektifan menggunakan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa mata kuliah kewirausahaan pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan dengan metode Reseacrh and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan multimedia pembelajaran menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, membuat mahasiswa lebih aktif, dan memotivasi mahasiswa menciptakan ide-ide kreatif dalam belajar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil posttest nilai hasil belajar mahasiswa semester tiga program studi pendidikan ekonomi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,98 sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79,52. Setelah dianalisis uji t-test dengan menggunakan software IBM SPSS 21 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < a (0,05), yang menunjukkan bahwa H1 diterima berarti kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil posttest nilai hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen juga dianalisis dengan rumus uji t-test. Nilai t hitung yang didapatkan dari posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 6,369 dengan nilai t tabel adalah 1,999. Dengan demikian t hitung > t tabel, berarti peningkatan nilai hasil belajar kewirausahaan mahasiswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran hasil pengembangan lebih meningkatkan nilai hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dibandingkan tanpa menggunakan multimedia pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia pembelajaran valid untuk meningkatkan hasil belajar dan multimedia pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 18 May 2016 09:58
    Last Modified: 18 May 2016 09:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26017

    Actions (login required)

    View Item