IMPLEMENTASI PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM PENERAPAN PILAR KEENAM ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA (API) SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP NASABAH PADA PRAKTIK BRANCHLESS BANKING DI PT. BANK X (Persero), Tbk

, KHANAN (2016) IMPLEMENTASI PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM PENERAPAN PILAR KEENAM ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA (API) SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP NASABAH PADA PRAKTIK BRANCHLESS BANKING DI PT. BANK X (Persero), Tbk. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (769Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK KHANAN. E0012217. 2016 IMPLEMENTASI PRINSIP KEHATIHATIAN DALAM PENERAPAN PILAR KEENAM ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA (API) SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP NASABAH PADA PRAKTIK BRANCHLESS BANKING DI PT. BANK X (Persero), Tbk. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi prinsip kehati-hatian dan perlindungan bagi nasabah dalam layanan branchless banking di PT. Bank X (Persero), Tbk. Branchless banking merupakan layanan jasa perbankan terbatas yang dilakukan tidak melalui kantor fisik bank, melainkan dengan melibatkan pihak ketiga sebagai agen bank dan juga bantuan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di PT. Bank X (Persero), Tbk. Jenis dan sumber data penelitian ini meliputi data primer, data sekunder, dan data tersier. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan interaktif model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan implementasi prinsip kehatihatian dalam praktik branchless banking di PT. Bank X (Persero), Tbk terbagi menjadi lima aspek. Pertama, kehati-hatian dalam menyerahkan sebagian pekerjaan kepada pihak lain. Kedua, kehati-hatian dalam pemilihan agen. Ketiga, kehati-hatian dalam pengawasan terhadap agen. Keempat, kehati-hatian dalam melakukan evaluasi agen. Dan yang kelima yaitu kehati-hatian dalam penggunaan teknologi informasi. Perlindungan terhadap nasabah branchless banking, PT. Bank X (Persero), Tbk memberikan perlindungan terhadap nasabahnya baik secara preventif dan represif. Perlindungan secara preventif dengan cara memberikan pelatihan bagi agen dan memberikan edukasi berupa sosialisasi pada masyarakat sekitar keagenan mengenai layanan branchless banking. Perlindungan represif yaitu dengan melakukan koordinasi terhadap perusahaan pertelekomunikasiaan terkait atas keluhan signal dalam pelayanan branchless banking. Kata Kunci: bank, kehati-hatian, perlindungan, nasabah, branchless banking

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 May 2016 19:10
    Last Modified: 13 May 2016 19:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/26013

    Actions (login required)

    View Item